Sukses

Satgas: Angka Kesembuhan Covid-19 Pekan Ini Menurun

Kalimantan Utara menjadi daerah dengan angka kesembuhan tertinggi yakni, 87,56 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan angka kesembuhan pasien corona di Tanah Air mengalami penurunan dalam seminggu terakhir. Meski tak signifikan, dia menyebut penurunan angka kesembuhan ini sangat bermakna untuk masyarakat.

"Seharusnya angka kesembuhan harus selalu diupayakan untuk meningkat, dari waktu ke waktu setiap minggunya. Jumlah kesembuhan di pekan ini menurun 0,9 persen dari pekan sebelumnya," ujar Wiku saat konferensi pers melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (6/10/2020).

Menurut dia, ada lima provinsi dengan kenaikan angka kesembuhan tertinggi di Indonesia. Kelima daerah itu Sulawesi Selatan (naik 894 pasien sembuh), Riau (naik 471 pasien sembuh), Sumatera Utara (naik 894 pasien sembuh), Sumatera Selatan (naik 207 pasien sembuh), dan Bali (naik 180 pasien sembuh).

Secara nasional, Kalimantan Utara menjadi daerah dengan angka kesembuhan tertinggi yakni, 87,56 persen. Kemudian, disusul Maluku Utara (87,26 persen), Kalimantan Selatan (85,59 persen), Jawa Timur (85,53 persen), dan Gorontalo (83,77 persen).

"Kepada 10 provinsi ini, agar terus mempertahankan dan meningkatkan angka kesembuhan," kata Wiku.

Dia juga meminta daerah-daerah lain berusaha meningkatkan angka kesembuhan pasien Covid-19. Salah satu caranya, dengan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit rujukan.

"Dengan treatment atau pengobatan yang baik maka angka kesembuhan dapat terus ditingkatkan," tutur dia.

Di sisi lain, Wiku juga menyebut kasus kematian akibat Covid-19 juga menurun menjadi 7,7 persen dalam pekan ini. Adapun daerah yang berhasil menekan kasus kematian adalah Jawa Tengah, Banten, dan Riau.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Kematian Tertinggi

Sementara itu, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sumatera Barat, Aceh, dan Papua menjadi daerah dengan kasus kematian tertinggi dalam sepekan terakhir. Wiku meminta pemerintah daerah di lima provinsi ini meningkatkan pelayanan kesehatan kepada pasien corona.

"Utamanya pada pasien dengan gejala sedang-berat serta pasien dengan pasien komorbid atau penyakit penyerta. Tingkatkan kualitas pelayanan Covid-19 di rumah sakit, perbanyak rumah sakit darurat jika diperlukan," jelas Wiku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.