Sukses

Wapres: Pelajar, Jangan Pernah Berpikir Ubah NKRI

Menurut Ma'ruf hal tersebut dinilai penting agar pelajar dapat tumbuh dan berkembang menjadi kaum intelektual yang berkarakter.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, karakter, moralitas, toleransi, kepekaan sosial, dan nasionalisme adalah hal utama yang harus dimiliki pelajar di seluruh jenjang pendidikan.

Menurut Ma'ruf hal tersebut dinilai penting agar para pelajar dapat tumbuh dan berkembang menjadi kaum intelektual yang tidak hanya memahami ilmu pengetahuan tetapi juga berkarakter.

"Pelajar menjunjung tinggi moralitas dan menghargai kehidupan sosial. Saya selalu mengatakan bahwa dunia tidak akan menjadi lebih baik hanya karena banyaknya orang cerdas. Tetapi dunia akan lebih baik karena moralitas dan kohesi sosial yang baik," ujar Ma'ruf pada Peringatan Dies-Natalis ke-58 Universitas Mataram melalui daring, Jumat (2/10/2020).

Ma'ruf juga mengungkapkan, seorang pelajar wajib memiliki sikap nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. Hal ini mengingat Indonesia adalah bangsa majemuk yang terdiri dari berbagai suku, agama dan ras, mengakomodasi dan menjamin terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"NKRI adalah sebuah kesepakatan para pendiri bangsa, dengan Pancasila sebagai dasarnya. Pancasila dan NKRI adalah al miitsaaq al wathani, kesepakatan nasional yang harus kita jaga," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Ubah NKRI

Karenanya, Ma'ruf melarang pelajar membawa sistem lain, selain Pancasila yang diamini bersama sebagai NKRI tersebut.

"Jangan ada yang berpikir untuk mengubah NKRI, karena NKRI sebagai bentuk negara sudah final," Ma'ruf menandasi.​​​​​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin