Sukses

Sekuriti Salah Tangkap Pencuri Onderdil Bus Transjakarta di Terminal Pulo Gadung

Penangkapan seorang pria yang diduga pencuri kabel bus Transjakarta di Terminal Pulo Gadung sempat viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Bus Transjakarta yang terpakir di Terminal Pulo Gadung menjadi sasaran kawanan pencuri. Salah seorang pria yang diduga komplotan pelaku pencurian onderdil bus pun diamankan sekuriti beberapa waktu lalu.

Pria itu kemudian diserahkan ke Kantor Polsek Pulo Gadung. Namun, dari hasil penyelidikan terungkap, orang itu bukanlah komplotan pencuri, melainkan gelandangan yang sedang numpang tidur di dalam bus Transjakarta.

Kanit Reskrim Polsek Pulo Gadung, AKP Toto Pangestu, menjelaskan beberapa komponen bus Transjakarta yang terpakir di Terminal Pulo raib digondol kawanan pencuri.

Ketika itu, sekuriti melihat seorang pria sedang tertidur di salah satu Bus Transjakarta. Sekuriti menduga orang itu salah satu komplotan pencuri kabel bus. Oleh sekuriti, pria tersebut diamankan ke pos dan dibawa ke kantor polisi.

"Kami luruskan bukan kami yang mengamakan, tapi satpam kemudian diserahkan ke kami," katanya saat dihubungi, Selasa (29/9/2020).

Toto menjelaskan, penyidik Unit Reskrim Pulo Gadung mengintrograsi terduga pelaku. Dari hasil pemeriksaan, orang yang diamankan sekuriti itu bukanlah pelakunya. 

Kepolisian lantas memeriksa sekuriti yang mengamankan pria tersebut. Para petugas keamanan itu dicecar sejumlah pertanyaan terkait kronologi penangkapan pria yang tidur di dalam bus Transjakarta. 

"Dijelaskan sekuriti melihat ada orang tidur di bus Transjakarta, sama sekuriti di bawa ke pos. Tidak lama setelah itu sekuriti juga menemukan gulungan kabel yang sudah dimasukkan ke dalam karung," ujar Toto.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penangkapan Viral di Medsos

Pria yang sempat diamankan itu pun dilepaskan kembali.

"Kami duga dia cuma gelandangan yang numpang tidur. Pelaku pencuriannya bukan dia. Ya masa orang enggak salah kita paksa bersalah. Beda ceritanya kalau dia ditangkap saat otak-atik, terus kumpulin kabel. Itu ada kemungkinan. Ini kan lagi tidur," jelas Toto.

Penangkapan pria ini sempat viral di media sosial. Salah satu akun Instagram mengunggah foto-foto yang menampilkan seorang pria bertelanjang dada dikerubungi dua orang petugas kemanan. Foto lainnya, ada gulungan kabel serta perkakas seperti gunting, senter dan tang.

Dalam keterangan, dijelaskan bahwa pelaku menyasar bus Transjakarta yang sudah tak terpakai dan terparkir di stasiun Pulo Gadung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.