Sukses

Jokowi Minta Menteri Pastikan Bansos Diterima Warga Desa Terdampak Covid-19

Menurut Jokowi, saat krisis ekonomi terjadi akibat pandemi terjadi di perkotaan maka desa menjadi penyangga.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta para menteri memastikan agar program bantuan sosial (bansos) yang disalurkan pemerintah diterima oleh masyarakat desa terdampak pandemi Covid-19. Pasalnya, pandemi corona bukan hanya menghantam lapisan masyarakat perkotaan, namun juga di pedesaan.

Menurut dia, saat krisis ekonomi terjadi akibat pandemi terjadi di perkotaan maka desa menjadi penyangga. Hal ini terbukti dengan banyaknya masyarakat kota yang pindah ke desa di masa pandemi.

"Ketika terjadi krisis ekonomi di perkotaan maka desa menjadi penyangga, menjadi buffering karena terjadinya arus balik perpindahan penduduk dari kota ke desa. Jadi bukan urbanisasi, tapi ruralisasi," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Kamis (25/9/2020).

Untuk itu, dia menekankan bahwa program perlindungan sosial untuk masyarakat desa terdampan pandemi corona harus tepat sasaran dan berjalan efektif. Mulai dari, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bansos tunai, hingga Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa.

"Pastikan itu diterima oleh masyarakat di desa yang terdampak covid yang sangat membutuhkan," jelas Jokowi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kawal Program Padat Karya Tunai Desa

Begitu pula dengan pelaksanaan padat karya tunai yang ada di desa. Jokowi meminta menterinya mengawal program tersebut sehingga dapat megurangi beban masyarakat di desa.

"Harus betul-betul dikawal sehingga bisa mengurangi beban masyarkat desa yang kehilangan pekerjaan, kesulitan mencari kerja atapun yang berasal dari keluarga tidak mampu di desa," katanya.

Di sisi lain, Jokowi juga menegaskan bahwa pandemi virus corona (Covid-19) harus menjadi momentum untuk memperbaiki ekonomi desa. Dia ingin agar program-program pemerintah terasa bermanfaat untuk masyarakat.

"Pandemi yang tengah kita hadapi harusnya menjadi momentum untuk menginstal ulang memperbaiki lagi dan juga melakukan reform mengenai strategi besar dalam transformasi ekonomi desa," tutur Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.
    Bantuan sosial (bansos) adalah upaya pemberian bantuan yang bersifat tidak tetap agar masyarakat dapat meningkatkan taraf kesejahteraan.

    Bansos