Sukses

Jokowi Bahas soal Prioritas Kesehatan dan Reaktivasi Perekonomian di Sidang PBB

Liputan6.com, Jakarta - Preiden Joko Widodo atau Jokowi mengingatkan negara anggota PBB, masalah kesehatan di tengah pandemi Covid-19 menjadi yang utama pada 2020. Menurut dia, kesehatan wajib menjadi prioritas sebuah negara karena menentukan masa depan dunia.

"Ketahanan kesehatan dunia yang berbasis pada ketahanan kesehatan nasional akan menjadi penentu masa depan dunia," tutur Jokowi dalam sidang umum PBB ke-75 di New York, Amerika Serikat, yang disiarkan secara daring, Rabu (23/9/2020).

Namun, lanjut dia, perekonomian juga harus mulai dilakukan sebagai penopangnya. Tentu, reaktivasi perekonomian harus dilakukan secara bertahap.

"Kegiatan ekonomi harus mulai dilakukan dengan melakukan koreksi terhadap kelemahan-kelemahan global supply chain yang ada saat ini," tutur Jokowi.

 

2 dari 3 halaman

Butuh Kerja Sama

Jokowi juga mengingatkan, aktivasi ekonomi yang berjalan bersama penanganan kesehatan, wajib memprioritaskan keselamatan warga dunia. Jokowi percaya hal itu dapat terwujud bila seluruh dunia dapat bekerja sama.

"Dunia sehat adalah dunia yang produktif harus menjadi prioritas kita. Semua tercapai bila kita bekerja sama," Jokowi menandasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: