Sukses

Satgas Covid-19 Ingatkan Pejabat Pakai Masker Saat Tampil di Media

Satgas Covid-19 mengajak seluruh masyarakat memakai masker dengan cara yang benar untuk mencegah penularan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengingatkan para pejabat publik tetap menggunakan masker, termasuk saat tampil dan berbicara di depan media.

Menurut dia, memakai masker merupakan hal yang penting, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi virus corona Covid-19.

"Untuk para pejabat publik, terutama yang sering berhadapan dengan media dan memberikan informasi, juga pastikan bahwa selalu menggunakan masker," kata Wiku saat konferensi pers yang disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (27/8/2020).

Dia menyadari beberapa pejabat publik memiliki alasan tidak menggunakan masker saat bicara di depan media. Salah satunya, agar gerakan bibir dapat dipahami oleh masyarakat sehingga tidak disalahgunakan.

Meski begitu, Wiku meminta para pejabat tetap menjaga jarak dan berbicara dengan waktu yang singkat. Hal ini untuk mencegah terjadinya penularan virus corona Covid-19.

"Bisa saja tidak menggunakan masker asal jarak betul-betul cukup longgar besar, tidak berdekatan dengan siapapun. Kemudian, sirkulasi udara juga dipastikan dengan baik dan tidak terjadi dalam waktu yang lama," jelasnya.

"Karena pada saat kita berbicara, sebenarnya di situlah letaknya potensi terjadi droplet yang seharusnya kita memakai masker," sambung Wiku.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pakai Masker dengan Benar

Selain itu, dia juga mengingatkan seluruh masyarakat memakai masker untuk mencegah penyebaran virus corona. Wiku juga mengimbau semua pihak memakai masker dengan cara yang benar yakni, menutupi hidung dan mulut serta menempel di batang hidung.

Kemudian, masker yang digunakan dipastikan menutup sampai dengan dagu. Dengan begitu, tidak ada udara yang masuk baik dari dagu ataupun pipi.

"Memakai masker dan menggunakan masker ini kenapa penting karena memang betul-betul dapat menghindari diri kita dan diri orang lain dalam penularan," tutur Wiku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.