Sukses

Jokowi: Tol Pertama di Aceh Bisa Jadi Episentrum Ekonomi Baru

Presiden Jokowi meminta, agar jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang, bisa diintegrasikan ke sentra pariwisata, pertaninan, hingga industri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, agar jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang, bisa menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Hal ini disampaikan Presiden Jokowi saat meresmikan jalan Tol Sigli-Banda Aceh seperti yang ditayangkan di Yotube Sekretariat Presiden, Selasa (25/8/2020).

Menurut dia, dengan pembangunan jalan tol di Aceh, bisa bermanfaat bagi warga setempat. Karenanya, Presiden Jokowi meminta tol tersebut bisa diintegrasikan ke sentra pariwisata, pertaninan, hingga industri. 

"Kami harapkan lagi Aceh bisa jadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Sumatera. Libatkan usaha mikro kecil menengah agar mereka ikut merasakan kue ekonomi dari infrastruktur yang kita bangun," kata Jokowi.

Dia menututkan, dengan adanya tol teresebut, selain mempersingkat waktu tempuh, konektivitas antarwilayah juga akan semakin cepat. Sehingga, dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Jika sudah beroperasi, akses ke bandara akan makin mudah, makin cepat. Kalau konektivtas makin lancar dan terhubung tranpsortasi udara, ke depan pergerakan orang dan barang akan lebih cepat jadi biaya akan lebih efisien," kata Jokowi.

"Pertumbuhan ekonomi akan terhubung dari satu titik ke titik lain sehinga perekonomian akan bergerak lebih cepat," lanjut dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trans Sumatera

Jokowi menuturkan, jalan tol Trans Sumatera yang akan membentang sepanjang 2.765 km dari provinsi Aceh hingga Lampung ini, dapat mempersingkat waktu perjalanan hingga 53 jam.

Jokowi meyakini tol ini akan memberi multiplayer effect hingga 2 hingga 3 kali lipat.

"Kita harapkan dapat mendorong pertumbuhan, akan mendorong pemerataan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi dan pemerataan ekonomi di pulau Sumatera," ujar Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.