Sukses

Jokowi Minta Anggota Pramuka Kuasai Iptek

Jokowi mengingatkan bahwa tantangan yang akan dihadapi ke depan akan semakin berat dan kompleks. Hal ini karena dunia berubah begitu cepat dan penuh dengan ketidakpastian.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta anggota Pramuka untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). Jokowi menyebut pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara lainnya membuatnya sadar akan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi.

Dia menuturkan, ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan di berbagai sektor. Terlebih, untuk menyelesaikan masalah kesehatan serta ekonomi di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

"Giatlah belajar, kuasai ilmu pengetahuan dan teknologi setinggi-tingginya. Jadilah SDM Indonesia yang hebat, yang cepat tanggap dan cerdas. Rawatlah kebhinekaan, pertahankan NKRI dan jadilah penjaga pancasila yang sejati," jelas Jokowi dalam Upacara Peringatan HUT ke-59 Pramuka yang disiarkan secara virtual dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (12/8/2020).

Dia mengingatkan bahwa tantangan yang akan dihadapi ke depan akan semakin berat dan kompleks. Hal ini karena dunia berubah begitu cepat dan penuh dengan ketidakpastian.

"Masa depan akan jauh lebih berbeda jika dibandingkan dengan hari ini. Ketangguhan saudara-saudara juga harus saudara buktikan dalam mengejar ilmu pengetahuan," ucap Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peduli Sekitar

Menurut dia, selama ini Pramuka Indonesia selalu mencetak pemuda-pemudi yang tangguh menghadapi setiap tantangan dan tak gentar menghadapi rintangan. Selain itu, Jokowi menilai anggota Pramuka selalu disiplin dalam bertindak, peduli, serta siap berkorban untuk sesama.

"Di era pandemi covid yang mengakibatkan krisis kesehatan dan ekonomi ini, jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan," tutur dia.

"Kita harus selalu peduii terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama. kita harus saling membantu dan bergotong-royong menyelesaikan masalah bersama," sambung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi