Sukses

Mendikbud: Hakteknas Harus Jadi Momentum Lompatan Teknologi

Nadiem mengaku optimis Indonesia akan bisa menyongsong kemajuan teknologi tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim berharap peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) 10 Agustus jadi momentum lompatan teknologi nasional. 

"Mari kita manfaatkan peringatan seperempat abad (25 tahun) Harteknas untuk mendorong lompatan teknologi nasional. Demi menciptakan Indonesia yang maju dan sejahtera," ucap Nadiem dalam sebuah video keterangan dirinya, Senin (10/8/2020).

Nadiem mengaku optimis Indonesia akan bisa menyongsong kemajuan teknologi tersebut.

"Saya optimis kita pasti bisa," tegasnya.

Nadiem menjelaskan, bahwa peringatan Harteknas guna mengingatkan masyarakat akan arti penting teknologi dalam pembangunan bangsa. Menurutnya, bentangan sejarah telah menunjukkan bahwa bangsa yang maju adalah bangsa yang telah menguasai teknologi serta inovasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Indonesia Tak Boleh Ketinggalan

"Perkembangan teknologi sekarang dengan 25 tahun yang lalu tentu tidak sama. Namun semangat untuk menguasai teknologi dan berinovasi akan tetap relevan sampai kapan pun," ucap Nadiem.

Bahkan, menurut Nadiem hal ini makin relevan dengan kondisi perkembangan teknologi saat ini yang semakin pesat. Teman akan kecerdasan buatan misalnya, menurut Nadiem akan memiliki potensi dan kemungkinan perkembangan yang tak terbatas di masa mendatang.

"Barang siapa ketinggalan, dia akan kalah. Karenanya Indonesia tidak boleh ketinggalan," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.