Sukses

4 Hal Terkait Pemotongan Hewan Kurban di Masjid Istiqlal Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat akan tetap menggelar penyembelihan hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha 1441 Hijrah, pada Sabtu (1/8/2020).

"Iya tetap menggelar kurban seperti tahun-tahun sebelumnya," Kepala Bagian Protokol Humas Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (30/7/2020).

Dia juga menyatakan, sejumlah pejabat negara juga melakukan kurban di masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut. Selain itu Abu menyebut untuk pembagian daging kurban akan dilakukan seperti tahun sebelumnya.

Yakni, daging kurban akan diberikan secara langsung oleh panitia ke masing-masing rumah warga.

"Seperti tahun kemarin pakai kantong plastik yang ramah lingkungan. Terus diantar, jadi tidak bagi kupon ya," ucap Abu Hurairah.

Berikut sejumlah hal terkait penyembelihan hewan kurban di Masjid Istiqlal yang telah dirangkum Liputan6.com:

2 dari 6 halaman

1. 36 Sapi Kurban Disembelih

Ketua Panitia Pelaksana Kurban di Masjid Agung Istiqlal, Abu Hirairah mengatakan, sampai dengan Jumat (31/7/2020) sudah ada 36 ekor hewan kurban yang dijadwalkan dipotong pada Sabtu (1/8/2020) ini.

"Jumlah hewan kurban sampai saat ini terdiri dari sapi 21 ekor, kambing 15 ekor. Itu sudah termasuk yang punya Pak Presiden dan Wapres," kata Abu saat dihubungi, Jumat (31/7/2020).

Namun sedikit berbeda, ada pendistribusian kurban dari Masjid Istiqlal di Idul Adha 2020 yang dilakukan dengan memberikan kurban secara hidup ke tiga lokasi di luar DKI Jakarta.

"Tahun ini kami ada distribusikan (kurban) dalam keadaan hidup. Sekitar 3 ekor itu sapi. Itu ke Pusat Studi Alquran, sama Perguruan Tinggi Alquran dan Yayasan Al Idrisiah," kata Abu.

3 dari 6 halaman

2. Presiden dan Wapres

Abu Hurairah mengatakan, Presiden Joko Widodo menyerahkan kurban berupa sapi jenis PO atau Peranakan Ongole yang memiliki berat 1,093 ton.

Dia mengatakan seekor sapi milik Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah diserahkan oleh Menteri Agama Fachrul Razi yang mewakili Presiden dan Wakil Presiden, pada Kamis (30/7/2020).

"Iya pasti, Presiden kurban sapi juga," ucap Abu Hurairah soal kurban di Masjid Istiqlal.

4 dari 6 halaman

3. Gunakan Kantong Ramah Lingkungan

Masjid Istiqlal pada tahun 2020 ini akan menggunakan kantong plastik sebagai tempat daging hewan kurban. Namun, plastik tersebut ramah lingkungan karena bahan bakunya dari bambu.

"Kami sudah buktikan plastik ini mudah larut dan langsung terurai, jadi kalah besek," kata Abu Hurairah saat dihubungi, Kamis (30/7/2020).

Menurutnya, hal itu dilakukan karena saat ini untuk mendapatkan besek cukup susah karena harus memesan ke Tasikmalaya dan memakan waktu yang cukup lama.

5 dari 6 halaman

4. Lakukan Protokol Kesehatan

Panitia Kurban Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat menerjunkan dua dokter untuk mengawasi pelaksanaan penyembelihan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 2020. Penyembelihan kurban rencananya akan dilakukan pada Sabtu 1 Agustus 2020.

"Kami nanti diawasi dua dokter yakni dari Dinas KPKP (Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan) untuk memeriksa hewan dan dokter untuk mengecek (kesehatan) panitia," kata Ketua Panitia Pelaksana Kurban Masjid Istiqlal, Abu Hurairah saat dihubungi, Jumat (31/7/2020).

Abu mengatakan, akan ada 50 orang panitia yang hadir dalam proses pemotongan hewan kurban di masjid terbesar se-Asia Tenggara itu.

"20 orang di antaranya adalah petugas pemotong hewan kurban. Jumlahnya sekitar segitu. Tapi besok mungkin masih bisa nambah lagi," ujar Abu.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: