Sukses

Anies Baswedan: Harus Pakai Masker Saat Bersepeda dan Buka Tiap 15 Menit

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar pesepeda tetap mengenakan masker selama di jalan.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau agar pesepeda tetap mengenakan masker selama di jalan. Imbauan itu berdasarkan hasil konsultasi dan diskusi berbagai ahli, seperti ahli kedokteran olahraga dan dokter paru.

“Kita video conference, olahraga butuh master tidak, pakai face shield atau tidak. Kesimpulan mereka, face shield tidak cukup, pakai masker harus,” kata Anies dalam video yang diambil di Balai Kota Jakarta, Senin, 22 Juni 2020.

Anies Baswedan menyebut, WHO memang menyarankan agar tidak menggunakan masker saat olahraga. Namun, Anies memilih mengikuti para ahli di Indonesia yang telah diajaknya berdiskusi.

“WHO mengatakan olahraga tidak pelru masker. Kemudian dokter di sini mengatakan harus pakai masker, tapi tiap 15 menit berhenti. Kami ikuti ahli kita,” terang Anies.

Meski harus tetap memakai masker, Anies mengingatkan untuk pesepeda atau yang berolahraga beristirahat dan membuka masker setiap 15 menit.

“Tiap 15 menit berhenti istirahat,” ucap Anies Baswedan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langkah yang Sama di Setiap Kebijakan

Anies menyatakan, setiap kebijakan yang diambil Pemprov DKI adalah hasil konsultasi dengan organisasi para ahli.

“Semua keputusan yang kita lakukan di Jakarta, apakah tutup sekolah, transisi, kita bicara dengan organisasi ahli. Tidak ada keputusan ini selera gubernur. Ini bisa dipertanggungjawbkan secara scientific,” Anies menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.