Sukses

Pasar Tanah Abang Blok A, B, F, dan G Kembali Beroperasi Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta Kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat sudah kembali beroperasi pada Senin (15/6/2020). Pasar Tanah Abang ditutup sementara akibat virus Corona atau Covid-19 sejak 27 Maret 2020.

"Pasar yang kami miliki buka semuanya. Jadi blok-blok A, B, F, dan G kita buka semua," kata Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin saat dihubungi Liputan6.com, Senin (15/6/2020).

Dia mengatakan, pembukaan kembali ini dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang telah ada. Salah satunya yakni dengan pelaksanaan sistem ganjil genap di pasar.

"Ini salah satu aksi kita membatasi jumlah pengunjung. Para pedagang dan pengunjungnya berkurang," ucapnya.

Selain itu, Arief menyatakan Pasar Tanah Abang juga diberlakuan pembatasan jam operasional mulai pukul 06.00-14.00 WIB. Petugas pasar juga akan mengecek suhu tubuh pengunjung, bila di atas 38 derajat dilarang masuk area pasar.

"Bagi pengunjung lansia, balita, dan ibu hamil sangat tidak disarankan untuk berkunjung ke pasar. Ke empat bagi pengunjung, pedagang, karyawan di lingkungan pasar wajib memakai masker dan pedagang wajib pakai face shield," ujar dia.

Selanjutnya, pengunjung hingga pedagang Pasar Tanah Abang diwajibkan jaga jarak aman minimal 1 meter serta hindari kerumunan di area pasar.

"Seluruh pedagang dilarang mendislpay atau memajang barang dagangan di area koridor," jelas Arief.

2 dari 3 halaman

80 Mal di Jakarta Kembali Buka

Sementara itu, pusat perbelanjaan atau mal telah diizinkan kembali beroperasi saat pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi. Rencananya sebanyak 80 mal di wilayah Jakarta pada hari ini Senin (15/6/2020).

Izin tersebut berdasarkan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Nomor 131 Tahun 2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 di Sektor Usaha Pariwisata dimulai secara bertahap.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan tidak semua kegiatan di pusat perbelanjaan atau mal akan ikut beroperasi. Salah satunya yakni tempat bermain anak di mal belum dapat beroperasi kembali.

"Tempat kebugaran atau tempat fitnes center juga belum boleh. Bioskop juga belum," kata Anies berdasarkan rekaman dari Humas Pemprov DKI Jakarta, Kamis 11 Juni 2020.

Kemudian sejumlah kegiatan untuk pameran, pagelaran hingga resepsi pernikahan juba belum dapat dilakukan. Kendati begitu, Anies mengimbau agar pengelola pusat perbelanjaan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan juga menyatakan terdapat 80 pusat perbelanjaan di Jakarta yang direncanakan mulai beroperasi pekan depan.

"Bila tidak harus bepergian maka di rumah saja. Tapi bila akan bepergian pastikan nomor satu sehat, tidak bugar tetap di rumah karena beresiko buat anda dan bagi yang lainnya," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: