Sukses

Top 3 News: LAPAN Sebut Suara Dentuman di Langit Bandung Mirip Gempa Langit

Liputan6.com, Jakarta Top 3 news hari ini, suara dentuman sempat menggegerkan warga Bandung, Jawa Barat, pada 21 Mei 2020. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) saat itu memastikan, suara tersebut bukan diakibatkan adanya aktivitas vulkanik.

Belakangan peneliti dari Pusat Sain dan Teknologi Atmosfer (PSTA) dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan, suara dentuman tersebut meruapkan fenomena skyquake atau suara yang mirip gempa di langit.

Selain suara dentuman misterius di kota Bandung, berita lainnya yang banyak disorot di Liputan6.com terkait cara mengajukan permohonan dan membuat Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM) Ibu Kota yang diterapkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. 

Bagi Anda yang ingin mendapatkan SIKM, terlebih dahulu yang harus dilakukan  membuka website corona.jakarta.go.id, kemudian mengisi formulir secara daring. Berikutnya melengkapi persyaratan yang telah ditentukan.

 

Perlu diketahui, jenis SIKM ada dua, yakni SIKM yang bersifat perjalanan berulang dan SIKM yang bersifat perjalanan sekali.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Selasa, 26 Mei 2020:

2 dari 5 halaman

1. Suara Dentuman di Langit Bandung Sebagai Tanda Lahirnya Gunung Api di Samudera Hindia?

Peneliti dari Pusat Sain dan Teknologi Atmosfer (PSTA) dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan secara ilmiah sumber suara dentuman yang terdengar di langit Bandung. Peristiwa itu terjadi selama beberapa hari berturut-turut sebelum Lebaran 2020.

Menurut peneliti PSTA LAPAN Erma Yulihastin, suara dentuman mirip bom dengan frekuensi rendah yang terjadi berulang-ulang tersebut, bisa saja menunjukkan fenomena skyquake atau suara mirip yang mirip gempa di langit.

Erma menuturkan para ilmuwan geologis seperti Lemoine, melalui manuskrip yang diterbitkan pada 2019 menunjukkan bahwa suara-suara misterius dengan earth hum ini berkaitan dengan aktivitas seismik di dasar Samudra yang terjadi selama tahun 2018-2019.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Begini Cara Miliki SIKM Agar Bisa Keluar Masuk Jakarta di Tengah Pandemi Corona

Satu lagi bentuk upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk menekan meluasnya penyebaran virus Corona di Ibu Kota.

Lewat Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020, pihak Pemprov telah menerbitkan aturan pembatasan kegiatan keluar masuk wilayah Jakarta selama virus Corona masih ditetapkan sebagai bencana nasional.

Mengacu pada peraturan ini, mereka yang tak masuk dalam kelompok masyarakat yang dikecualikan untuk keluar masuk Jakarta mesti mempunyai Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM).

Lantas, apa itu SIKM? SIKM merupakan surat yang diberikan sebagai dispensasi untuk dapat melakukan kegiatan bepergian keluar dan/atau masuk Provinsi DKI Jakarta.

"Tanpa ada izin masuk maka tidak bisa masuki kawasan Jakarta. Proses pengawasan bisa dilakukan bersama kepolisian, tanpa surat akan diminta untuk kembali," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menggelar konferensi pers di Balai Kota, Jumat, 15 Mei 2020.

Lantas tahapan apa saja yang harus dilakukan warga jika ingin memiliki SIKM?

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Cegah Penyebaran Corona, 14 Ruas Jalan di Jakarta Selatan Ditutup

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan memperketat Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menutup 14 ruas jalan di wilayah tersebut.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji mengatakan, penutupan ini sesuai dengan arahan Gubernur DKI Jakarta yang sampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI dalam rangka membatasi keluar-masuk Jakarta di wilayah Jakarta Selatan.

"Arahan Pak Gubernur terkait dengan keluar-masuk Jakarta harus membawa Surat Izin Keluar-Masuk (SIKM)," kata Isnawa, Senin (25/5/2020).

Dalam rakor tersebut juga dibahas tentang penerapan protokol kesehatan yang harus diperhatikan oleh penumpang transportasi publik saat arus balik.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: