Sukses

TPA Cipeucang Tangsel Longsor, Kualitas Sungai Cisadane Terancam Tercemar

Liputan6.com, Jakarta - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Cipeucang yang dikelola Pemkot Tangerang Selatan, mengalami longsor. Gunungan sampah pun hampir menutupi badan Sungai Cisadane yang mengalir di samping lokasi TPA tersebut.

Dari foto yang beredar, tembok pembatas antara TPA Cipeucang yang berlokasi di Serpong, Kota Tangsel itu, seperti tidak kuat lagi menahan beban gunungan sampah. Akhirnya ambrol dan gunungan sampah longsor hampir menutupi badan Sungai Cisadane.

Saat dikonfirmasi, Kadis Lingkungan Hidup Kota Tangsel Toto Sudarto membenarkan kejadian tersebut.

"Iya, seperti yang terlihat di foto, sebentar ya saya hubungi pihak terkait dulu, untuk hal ini," tuturnya saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (22/5/2020).

Sementara, dampak dari longsornya gunungan sampah tersebut, membuat aliran Sungai Cisadane tercemar. Terlihat sampah-sampah mengambang di sepanjang aliran sungai.

2 dari 3 halaman

Pantau Kualitas Air

Humas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang, Ichsan Sodikin mengaku, pihaknya bakal memantau terus kualitas air baku Sungai Cisadane. Dikhawatirkan akan merusak kualitasnya dan berdampak pada air yang mengalir ke puluhan ribu pelanggan.

"Masih terus dipantau, sampai sore ini sih masih bagus," ungkap Ichsan.

 

 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: