Sukses

Gugus Tugas Covid-19 Ungkap Sebab Kepadatan di Bandara Soetta saat Pagi Hari

Gugus Tugas membenarkan terjadi kepadatan di Bandara Soetta, khususnya untuk penerbangan pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengecek Bandara Soekarno Hatta (Soetta) untuk memantau pelaksanaan pengecualian perjalanan dinas di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Gugus Tugas membenarkan terjadi kepadatan di Bandara Soekarno Hatta, khususnya untuk penerbangan pagi.

"Memang terjadi kepadatan terutama di penerbangan sekitar jam 06.00 pagi sampai jam 08.00 pagi," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto dalam video conference, Minggu (17/5/2020).

Menurut dia, kepadatan itu disebabkan panjangnya proses pemeriksaan administrasi penumpang oleh petugas di Bandara Soetta. Untuk itu, Yurianto mengimbau agar penumpang pesawat di jam-jam tersebut datang lebih awal.

"Maka pada umumnya di Bandara Soetta untuk penerbangan di jam 06.00 pagi, mereka sudah datang pada pukul 02.00 dini hari," ujar Yuri.

Dengan begitu, maka tidak terjadi kepadatan penumpang di bandara. Penumpang pun dapat menjalani pengecekan dokumen dan pemeriksaan kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

"Ini yang menjadi perhatian kita bersama bahwa protokol kesehatan adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar, adalah sesuatu yang harus dipatuhi secara bersama-sama," ujar Yurianto.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepadatan di Bandara

Sebelumnya, pemandangan antrean ratusan calon penumpang terlihat semrawut tanpa memperhatikan jaga jarak di Terminal 2 Bandara Soetta, Kamis, 14 Mei 2020. Foto-foto tersebut pun sempat membuat heboh dan viral di berbagai laman media sosial.

PT Angkasa Pura II (Persero) menginformasikan bahwa pada Rabu, 14 Mei 2020, sempat terjadi antrean calon penumpang pesawat di posko pemeriksaan dokumen perjalanan yang terletak di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) pada pukul 04.00 WIB. Kemudian sekitar pukul 05.00 WIB sudah tidak terjadi lagi antrean.

Senior Manager Branch Communications & Legal Bandara Soekarno-Hatta Febri Toga mengatakan personel PT Angkasa Pura II telah berupaya penuh mengatur antrean. Namun, calon penumpang pesawat yang datang cukup banyak di Terminal 2 Gate 4.

"Antrean di posko verifikasi dokumen terjadi mulai pukul 04.00 WIB, di mana calon penumpang memiliki tiket pesawat untuk penerbangan antara pukul 06.00-08.00 WIB. Di antara pukul tersebut terdapat 13 penerbangan dengan keberangkatan hampir bersamaan, yaitu 11 penerbangan Lion Air Group dan 2 penerbangan Citilink," kata Febri melalui siaran pers, Kamis 14 Mei 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.