Sukses

Satgas Covid-19 DPR Dirikan 11 Posko Bantuan untuk Warga Terdampak Pandemi

Liputan6.com, Jakarta - Satgas Lawan Covid-19 DPR RI masih terus bergerak menyalurkan bantuan ke masyarakat terdampak pandemi virus corona. Aksi kemanusiaan itu diupayakan dapat merata hingga ke tingkat kelurahan.

"Satgas Covid-19 ini lintas partai, sehingga semuanya punya jaringan sampai tingkat kelurahan," tutur Ketua Satgas Lawan Covid-19 DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad dalam keteranganya, Sabtu (16/5/2020).

Dasco mengungkapkan, Satgas Lawan Covid-19 DPR RI telah membentuk posko bantuan di Ibu Kota bekerja sama dengan Satgas Lawan Covid-19 DPRD DKI Jakarta dan pihak BUMN. Bentuk bantuan dari posko tersebut salah satunya adalah makanan siap saji.

"Ada 11 titik posko masak bekerja sama dengan Satgas Lawan Covid-19 DKI," tutur Wakil Ketua DPR itu.

Dalam pelaksanaannya, lanjut Dasco, 11 posko bantuan tersebut membuat 2 ribu nasi bungkus per hari. Kini total sudah 22 ribu makanan yang dibagikan setelah 11 hari beroperasi.

"Agar tepat sasaran, sebelumnya Satgas Lawan Covid-19 DPR telah mendata masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi," kata Dasco.

Pembagiannya pun sangat memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Tiap makanan didistribusikan sebelum berbuka puasa agar warga bisa menikmati setelah seharian berpuasa.

 

2 dari 3 halaman

Salurkan APD dan Sembako

Politikus senior Partai Gerindra itu menyebut, Satgas Lawan Covid-19 DPR juga terjun membagikan sembako, alat pelindung diri, hingga obat-obatan.

"Tugasnya dibagi-bagi. Ada yang membagikan APD ke RS dan Puskesmas. Ada juga yang memberikan sembako. Dan ini ada posko masak untuk memberikan makanan kepada yang membutuhkan," kata Dasco menandaskan.

Satgas Lawan Covid-19 DPR RI dibentuk pada Kamis, 9 April 2020. Posko yang dibangun di antaranya ada di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat; Kemayoran, Jakarta Pusat; Vihara Avalokhitesvara Mangga Besar, Jakarta Barat; dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: