Sukses

5.768 Keluarga di Serang Mendapat Kucuran Bansos Tunai Perdana

Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai senilai Rp600 ribu kepada 5.768 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Serang, Banten.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Sosial (Mensos) Juliari P Batubara menyerahkan bantuan sosial (bansos) tunai senilai Rp600 ribu kepada 5.768 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Serang, Banten. Bansos tunai ini disalurkan untuk pertama kalinya di Serang, provinsi Banten, 

Penyerahan bansos tunai dilaksanakan di kantor PT Pos Indonesia Serang, Sabtu, 9 Mei 2020. Turut mendampingi Wali Kota Serang Syafrudin, Direktur Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM) Kemensos Asep Sasa Purnama, Sekretaris Dirjen PFM Nurul Farijati, Wakil Bupati Serang Panji, dan jajaran PT Pos Indonesia. Penyerahan bansos ini merupakan bentuk hadirnya negara di tengah masyarakat pada masa pandemi covid-19. 

"Kemensos diberikan tugas menyalurkan bansos tunai untuk melakukan penyelamatan atas kondisi penurunan daya beli masyarakat Indonesia, dan untuk menjaga kesehatan masyarakat di tengah pandemi covid-19," ujar Mensos Juliari, saat menyerahkan bansos tunai.

Dia menjelaskan, bansos tunai senilai Rp600 ribu diberikan kepada sembilan juta KPM selama tiga bulan, yakni April hingga Juni 2020. Pelaksanaan bansos tunai telah disalurkan oleh PT Pos Indonesia  kepada sejumlah KPM di seluruh Indonesia. 

"Penyaluran tersebut telah dilaksanakan sejak 22 April 2020," kata Juliari.  

 

Penerima bansos tunai untuk Provinsi Banten sejumlah 438.452 KPM, tersebar di enam kabupaten. Sementara total KPM penerima bansos tunai di Kabupaten Serang sejumlah 110.986 KPM. 

Mensos Juliari memberikan apresiasi kepada PT Pos Indonesia, Pemerintah Daerah Provinsi Banten, Pemerintah Kota Serang, dan Pemerintah Kabupaten Serang, yang telah berperan aktif untuk mensukseskan penyaluran bansos tunai ini.  

Tak lupa Mensos Juliari mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk segara memperbarui data KPM agar segera masuk ke basis data terpadu Kemensos. Diharapkan, semua bantuan dari pusat bisa tersalurkan merata. 

"Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, penyaluran bansos tunai diharapkan berjalan dengan baik, dan memberikan manfaat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan KPM," katanya. 

Penerima bantuan asal Serang  Hendri  merasakan betul bahwa bantuan ini sangat berguna buat dia dan keluarga di tengah pandemik covid 19 ini.  Hendri yang sehari hari berprofesi sebagai buruh serabutan ini baru kali ini mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.

 

Hal ini juga dirasakan langsung oleh Kepala Desa Taktakan Nanang Suryana. Nanang mengatakan bahwa warganya mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa Bantuan Sosial Tunai dengan jumlah penerima bantuan sebanyak 175 keluarga, pada hari ini (9/5/2020).

Nanang berharap dengan kendala kendala yang selama ini terjadi dilapangan misalnya data penerima bantuan yang belum terbarukan atau soal jadwal bantuan yang tidak tepat waktunya itu lumrah terjadi di lapangan dalam kondisi seperti ini. Nanang menghimbau agar semua kepala daerah lainnya biasa menangapi persoalan ini dengan kepala dingin dan mencari solusi yang baik. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di tengah Pandemi Covid 19.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini