Sukses

Wajah Semringah Buruh yang Kena PHK Saat Terima Paket Sembako

Saat ini waktu yang tepat para relawan untuk terus berbagi ke masyarakat dan para buruh.

Liputan6.com, Jakarta - Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 memberikan bantuan berupa 150 paket sembako untuk para buruh yang terkena PHK akibat adanya pandemi Covid-19 di Indonesia.

Pemberian bantuan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid19 dalam membantu pemerintah dalam menangani Covid-19. Sebelumnya, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid19 juga melaksanakan rapid test massal pada 22-29 April 2020 di halaman Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid19 Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) dalam penyerahan bantuan paket sembako ini.

Kegiatan bagi-bagi sembako juga langsung dikomandoi Presiden KSBSI Mudhofir Hamid yang berlokasi di RT 15/04 Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

"Kami mendapatkan laporan dari KSBSI jika di sini banyak sekali warga yang terdampak PHK dan dirumahkan akibat wabah ini. Di sini banyak dari teman-teman serikat pekerja KSBSI," ujar Sandiaga, Jumat (1/5/2020).

Dia menambahkan, saat ini Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 tengah turun ke jalan untuk mengindentifikasi dan memetakan masyarakat dan buruh yang terkena PHK akibat dampak wabah ini. Saat ini waktu yang tepat para relawan untuk terus berbagi ke masyarakat dan para buruh.

"Kami bantu kelompok masyarakat yang belum terjangkau bantuan sosial, terutama daerah yang padat penduduk dan berada di zona merah penyebaran Covid-19. Karena yang paling terdampak itu dari kaum buruh. Jadi kita memberikan pertolongan kepada mereka," jelas Sandiaga.

Sebagai penerima bantuan, Rohyanti, mengaku senang mendapatkan sembako dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Sebab, dia dan suami tidak memiliki penghasilan lagi semenjak di-PHK. Saat ini, suami hanya bekerja sebagai driver ojek online di sekitar Jakarta Utara.

"Saya sangat senang mendapatkan bantuan ini dari para relawan. Saya dan suami sama-sama sudah tidak kerja lagi. Apalagi, saya tengah hamil 8 bulan," kata Yanti sambil meneteskan air mata.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penerapan PSBB

Lebih jauh Sandiaga meminta masyarakat dan para buruh mematuhi imbauan dan anjuran pemerintah terkait social distancing dan physical distancing guna memutus mata rantai penyebarab Covid-19.

Apalagi berdasarkan laporan dari Kelurahan Lagoa, ada empat warga yang positif terkena Covid-19.

Dia menambahkan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilakukan di beberapa wilayah merupakan keputusan yang matang.

Hal ini membuat seluruh masyarakat dan para buruh harus menjaga jarak agar memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid19 berkomitmen untuk membantu masyarakat dan para buruh dengan memberikan bantuan sosial langsung berupa paket sembako ini. Sehingga, masyarakat dan para buruh yang terdampak wabah ini mampu melewati pandemi Covid19 ini.

"Kita harus berikan bantuan sosial langsung. dan sebagian dari mereka kan tidak mudik. Karena mereka tidak mudik harus juga disentuh, dan dana bantuan tunai itu harus disalurkan dan diterima masyarakat supaya mereka dalam beberapa minggu kedepan yang penuh tantangan bisa bertahan sesuai dengan arahan dari pemerintah," ujarnya.

Selain Mudhofir Hamid, Sandiaga Uno juga didampingi relawan-relawang lainnya yaitu Ahmad Fauzi dari Kahmipreneur, Bambang Getero dari KSBSI Jakarta dan Founder Kahmipreneur Kamrussamad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.