Sukses

Dipecat Jokowi dari KPAI, Sitty Hikmawatty Gelar Klarifikasi Hari Ini

Hikmah diketahui dipecat secara tidak hormat sebagai komisioner KPAI oleh Presiden Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sitty Hikmawatty akan memberikan keterangan pers mengenai pemecatan dirinya di lembaga tersebut, Selasa, (28/4/2020).

"Besok sore kita presscon ya," katanya kepada Liputan6.com, Senin (27/4/2020).

Hikmah diketahui dipecat secara tidak hormat sebagai komisioner KPAI oleh Presiden Jokowi. Pemecatan tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 43 tahun 2020 terkait pemberhentian tidak dengan hormat Sitti Hikmawaty sebagai anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Keppres itu diteken Jokowi pada 24 April 2020.

"Betul (sudah diteken Presiden)," ucap Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara Setya Utama saat dikonfirmasi, Senin (27/4/2020).

Pemberhentian itu atas pertimbangan lantaran Sitti dinilai telah melallanggar kode etik, yang didasarkan atas keputusan Dewan Etik KPAI. Sehingga, Jokowi memutuskan memberhentikan tidak hormat Sitti Hikmawaty.

"Memberhentikan tidak dengan hormat Dr. Sitti Hikmawatty, S.ST., M.Pd. sebagai Anggota Komisi Perlindungan Anak Indonesia Periode Tahun 2017-2022," jelas klausal pertama Perpres itu.

Selanjutnya, pelaksanaan keputusan presiden ini lebih lanjut dilakukan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kasus Berenang Bersama Bikin Hamil

Sebelumnya, Hikmah diusulkan diberhentikan usai hasil keputusan rapat pleno Dewan Etik KPAI mendakwanya melakukan pelanggaran kode etik sebagai komisioner atas pernyataan 'perempuan dapat hamil jika berenang'. Ketua KPAI Susanto menilai Sitti telah melanggar etik KPAI. Pelanggaran etik ini berdasarkan putusan Dewan Etik KPAI Nomor 01/DE/KPAI/III/2020.

Pada putusannya Dewan Etik telah memberi kesempatan kepada Sitti Hikmawatty untuk mengundurkan diri atau diberhentikan secara tidak hormat.     

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.