Sukses

Ada Wabah Corona, Pemerintah dan DPR Sepakat PON XX di Papua Ditunda

Pemerintah dan DPR sepakat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua ditunda. Hal itu disepakati dalam Rapat Kerja Kemenpora dengan Komisi X DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah dan DPR sepakat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Papua ditunda. Hal itu disepakati dalam Rapat Kerja Kemenpora dengan Komisi X DPR.

"Kami menyepakati PON XX ditunda karena pandemi COVID-19 ini. Terkait hingga kapan penundaannya, tangga, bulan dan tahunnya, kita serahkan Menpora berkonsultasi dengan Presiden," ujar Ketua Komisi X DPR Syaiful Huda dalam keterangannya, Rabu (15/4/2020).

Menpora Zainudin Amali, kata Huda, menyampaikan alasan PON XX yang sedianya digelar 20 Oktober-2 November 2020 harus ditunda.

Penyebabnya, pandemi Corona belum menunjukan akan segera mereda sehingga mengganggu persiapan. Huda mengatakan, contohnya pengadaan alat olahraga yang sudah masuk tahapan lelang dan tuntas bulan Juni-Juli 2020 belum bisa dilaksanakan.

"Sebab, ada negara-negara pembuat peralatan olahraga sekarang tidak siap karena pandemi COVID-19 juga. Mungkin ada yang harus dibeli di Eropa, China atau Jepang, praktis mereka gak bisa padahal PON tinggal lima bulan lagi sebenarnya," kata Jubir PKB ini.

Akibat Corona, kesiapan atlet juga terganggu. Begitu pula kesiapan venue di Papua yang telah melakukan pembatasan sejak bulan lalu.

"Pengiriman barang dan lain-lain juga mengalami delay semua," jelas Huda.

Huda mengatakan, Kemenpora juga memperkirakan hingga bulan Juli 2020 tidak akan ada penyelengaraan event olahraga nasional maupun internasional. Diharapkan event olahraga bisa digelar kembali pada Agustus-Desember 2020 jika kondisi membaik.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tahun 2021 Diharapkan Kembali Normal

Seluruh kegiatan diharapkan kembali normal pada 2021 dengan konsekuensi waktunya saling berdekatan, mulai dari ASEAN Para Games di Filipina, PON dan Peparnas 2021 di Papua, Piala Dunia FIFA U-20, ASEAN School Games 2021 di Filipina, Olimpiade dan Paralimpik Tokyo 2020, SEA Games di Hanoi, POPNAS dan PAPERPENAS 2021, serta MotoGP 2021 di Mandalika. Huda mengatakan hasil rapat juga menyepakati bahwa pembangunan venue tetap harus jalan. Pembangunan venue memang sudah berjalan namun tak maksimal.

Kemenpora dan DPR juga membahas perubahan anggaran di Kemenpora. DPR meminta anggaran yang diubah sebesar Rp270 miliar tetap digunakan untuk bidang kepemudaan dan olahraga.

"Kita minta dilakukan komunikasi yang intensif antara Kemenpora dan Kemenkeu supaya dana yang dipotong itu diperuntukkan kembali untuk kepentingan atlet, offisial dan lain-lain yang terdampak Corona ini. Kan banyak pensiunan atlet atau atlet yang tidak mendapatkan pemasukan karena tidak ada kejuaraan," ujar Huda.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.