Sukses

Hari Pertama PSBB, Anies: Jakarta Sangat Sepi

Kendati begitu, Anies menyebut tidak menjamin suasana sepi terlihat di Jakarta ketika hari kerja. Sebab pelaksanaan PSBB hari pertama bertepatan dengan libur keagamaan.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku sempat mengecek jalanan Ibu Kota di hari pertama pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Dia menyebut suasana Jakarta tampak berbeda bila dibandingkan hari sebelumnya.

"Jalan-jalan relatif sangat sepi, dibandingkan kemarin kemarin. Sekarang sangat-sangat sepi," kata Anies dalam rekaman yang dibagikan Humas Pemprov DKI, Jumat (10/4/2020).

Kendati begitu, dia menyebut tidak menjamin suasana sepi terlihat di Jakarta ketika hari kerja. Sebab pelaksanaan PSBB di hari pertama bertepatan dengan libur keagamaan.

Dia mengimbau masyarakat untuk tetap aktivitas di rumah masing-masing. Hal itu guna meminimalkan penyebaran virus Corona atau Covid-19.

"Hari ini memang bersamaan dengan hari libur, jadi suasananya memang suasana yang lebih sepi. Nanti kita pantau besok seperti apa," jelasnya.

Sementara itu, pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dimulai pada Jumat (10/4/2020) pukul 00.00 hingga 14 hari ke depan atau sampai Jumat (23/4/2020). Kendati begitu, pelaksanaan PSBB masih dapat dilakukan perpanjangan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patroli Persuasif

Anies Baswedan menyatakan patroli terkait pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) susah mulai dilakukan boleh sejumlah petugas.

Anies menyatakan patroli tersebut guna melakukan penertiban masyarakat yang melanggar aturan yang disebutkan dalam Pergub Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB.

"Tapi persuasif, kalau ada yang berkumpul diingatkan. Patroli petugas Satpol PP, petugas kepolisian, dan TNI juga semuanya berjalan," kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.