Sukses

Pesan Jokowi ke Jajarannya: Jangan Grasa-Grusu Ambil Kebijakan Terkait Covid-19

Jokowi mengatakan, pelaksanaan PSBB ini tidak diberlakukan seragam di Indonesia,

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi meminta jajarannya, khususnya Kementerian kesehatan tidak terburu-buru dan gegabah dalam penanganan pandemi corona atau Covid-19.

Menurut dia, setiap keputusan yang diambil harus diperhitungkan dengan cermat mempetimbangkan dari segala aspek.

"Saya minta, kita semuanya dalam kondisi sepeti ini jangan sampai mengambil keputusan salah, semua harus hati-hati, tidak grasa-grusu (terburu-buru),” ucap Jokowi dalam konferensi persnya, Kamis (9/4/2020).

Salah satu yang memerlukan pertimbangan cermat dan matang yaitu dalam menentukan suatu daerah dapat berstatus Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Seperti diketahui, setelah Jakarta, dua provinsi telah mengajukan status PSBB ke Kementerian Kesehatan, kedua nya yaitu Jawa Barat dan Banten.

Pelaksanaan PSBB ini tidak diberlakukan seragam di Indonesia, kita ingin melihat kondisi masing-masing daerah, danPSBB ini dietetapkan menteri kesehatan dengan berbagai pertimbangan,” ucap dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penuh Pertimbangan

Sejumlah hal yang menjadi pertimbangan di antaranya soal kesiapan daerah, sumber daya yang memungkinkan. Dan tentunya anggaran bila status itu ditetapkan.

"Harus melihat beberapa hal, yaitu jumlah kasus yang ada, jumlah kematian baik di kapubaten, kota provinsi, dan tentu pertimbangan epidimologi, dukungan sumber daya, keamana. Karena itu, kita enggak mau grasa-grus, tapi kita putuskan ini dgn perhitungan detail dan mendalam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • virus corona