Sukses

Pakar Gugus Tugas Corona: Bahan Baku Alternatif Pembuat APD Ditemukan

Akibat pandemi Corona, saat ini APD adalah barang yang langka dan Indonesia harus impor untuk memenuhi kebuhan tenaga medis.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (Covid-19), Wiku Adisasmito mengaku, ada kabar baik prihal Alat Pelindung Diri (APD). Pihaknya mengaku telah mendapatkan bahan baku alternatif untuk produksi APD secara mandiri.

Akibat pandemi Corona, saat ini APD adalah barang yang langka dan Indonesia harus impor untuk memenuhi kebuhan tenaga medis.

"Kami menemukan bahan baku pengganti yang sesuai stadar WHO cukup melimpah. Bahan baku tersebut diproduksi oleh industri tekstil dalam negeri," kata Wiku di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Jumat (3/4/2020).

Menurut dia bahan baku pengganti tersebut adalah polyester. Jika APD dengan bahan polyester ini berhasil diproduksi industri dalam negeri, dapat dipastikan kebutuhan APD untuk tenaga medis penanganan virus Corona dapat terpenuhi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Dicuci

"Sebab polyester ini bisa digunakan berulang kali dengan dicuci secara benar. Kedua, bahan baku tersebut bisa digunakan untuk pembuatan tipe gown medis, pertama jenis gown terusan, kedua jenis jumpsuit cover all," ujar Wiku.

"APD Gown selama ini hanya digunakan sekali pakai, yang selama ini bergantung dari import dan jumlahnya terbatas untuk kebutuhan Indonesia," pungkasnya.

Reporter: Ronald

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.