Sukses

Lakukan 5 Hal Ini Bantu Hentikan Penyebaran Virus Corona Covid-19

Masyarakat diimbau melakukan 5 hal untuk membantu hentikan penyebaran virus Corona Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan penyebaran virus Corona Covid-19.

Melalui laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, www.covid19.go.id, Kamis (2/4/2020), masyarakat diimbau melakukan 5 hal untuk membantu hentikan penyebaran virus Corona.

5 hal tersebut berkaitan langkah-langkah yang dapat dilakukan masyarakat sehari-hari untuk membantu hentikan penyebaran virus Corona Covid-19 di Indonesia.

Berikut 5 hal seperti dikutip dari laman www.covid19.go.id:

1. Tangan

Cuci lebih sering.

2. Siku

Untuk menutup mulut saat batuk.

3. Wajah

Jangan disentuh.

4. Jarak

Jaga jarak aman.

5. Rumah

Usahakan di rumah saja.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Skenario Mudik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyiapkan sejumlah skenario terkait arus mudik Lebaran atau Idul Fitri 2020 di tengah pandemi virus Corona (Covid-19). Pertama, mengganti hari libur nasional di hari lain.

"Saya melihat ini untuk mudik ini dalam rangka menenangkan masyarakat. Mungkin alternatif mengganti hari libur nasional di lain hari untuk hari raya, ini mungkin bisa dibicarakan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Kamis (2/4/2020).

Skenario kedua adalah memberikan fasilitas arus mudik bagi masyarakat pada hari pengganti tersebut. Kemudian, menggratiskan tempat-tempat wisata yang dimiliki daerah.

"Saya kira kalau skenario-skenario tersebut dilakukan kita bisa memberikan sedikit ketenangan pada masyarakat," ujar Jokowi.

Kendati begitu, dia meminta agar skenario tersebut disiapkan secara komprehensif dan dilihat dari hulu hingga hilir. Sehingga, masyarakat bisa tenang meski nantinya tidak bisa melakukan mudik Lebaran.

"Jangan sepotong-potong atau satu aspek saja atau sifatnya sektoral atau kepentingan daerah saja. Tapi dilihat secara utuh baik dari hulu di tengah dan di hilir," jelas Jokowi.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.