Sukses

Sebar Masker dan Hand Sanitizer, Himpuni Ajak Masyarakat Cegah Corona

Koordinator Presidium Himpuni Maryono menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BNPB.

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) menggelar aksi peduli melawan corona dengan membagi masker dan hand sanitizer ke petugas medis dan masyarakat di sejumlah rumah sakit, puskesmas, terminal, halte busway, dan tempat-tempat lainnya.

Sejak pagi, rombongan Himpuni yang dibagi empat tim mendatangi berbagai tempat di berbagai wilayah DKI Jakarta. Rumah sakit RS Hermina Jatinegara, RS Dr Abdul Rajak Salemba, RS Harum, RS Anggrek Mas Kebon Jeruk, Puskesmas Kecamatan Setibudi menjadi sasarannya. Selain itu ada juga di Halte Busway Blok M dan Harmoni, Terminal Kampung Melayu, Senen, dan Pasar Minggu, dan tempat lainnya.

Koordinator Presidium Himpuni Maryono menyatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan BNPB.

"Kami sengaja memilih RS kelas C dan D, dengan tujuan agar terjadi pemerataan dalam pembagian alat-alat penunjang medis," jelas Maryono, Jakarta, (2/4/2020).

Dikatakannya, ini merupakan bentuk kepedulian sosial dari segenap anggota Himpuni yang anggotanya berjumlah 40 Organisasi Alumni Universitas Negeri di Indonesia.

"Ini merupakan tahap awal. Melalui aksi ini, sekaligus kami ingin menggugah para alumni yang lain untuk bisa bergerak menyalurkan bantuan," lanjutnya.

Maryono menerangkan, pihaknya menyadari ada dua aspek yang sangat terkena dampak dari penyebaran corona ini, yakni kesehatan dan ekonomi. Karenanya, kami ingin mencoba menyalurkan bantuan ke tempat-tempat yang membutuhkan.

Kedepan, lanjutnya, rencananya akan disalurkan Alat Pelindung Diri (APD), utamanya kepada para petugas medis, baik di Jakarta maupun daerah-daerah. Dalam hal ini, HIMPUNI fokus memberikan bantuan pada RS kategori kecil, agar terjadi pemerataan kebutuhan medis.

"Harus disadari, wabah corona ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tapi juga seluruh komponen masyarakat. Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengurangi penyebaran Covid-19. Demikian juga kita memotivasi tim medis agar bekerja maksimal dengan mencukupi peralatan medis yang dibutuhkan," imbuhnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berharap Banyak Pihak Terlibat

Ditambahkan, sebelumnya, Himpuni telah memberi 8 pokok pemikiran kepada pemerintah terkait penanganan pandemi corona.

"Alhamdulillah, pemerintah menyambut positif dan melaksanakan. Seperti soal realokasi anggaran, optimalisasi sumber daya pemerintah, melengkapi perlengkapan tim medis, dan lainnya," urai Maryono.

Pihaknya juga memgapresiasi keputusan pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp405,1 triliun untuk penanganan corona di Indonesia.

Dia berharap, semakin banyak alumni PTN di Indonesia yang memberikan sumbangan ke berbagai pihak.

Kepada masyarakat diharapkan, dapat mematuhi anjuran pemerintah. "Jaga kesehatan, hindari kerumunan, makan makanan bergizi, sementara tidak mudik, serta bila keluar rumah mengenakan masker," tukas Maryono. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.