Sukses

China Tawarkan Bantuan soal Covid-19, Prabowo Kirim Daftar Alkes yang Dibutuhkan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku mendapat tawaran dari Menteri Pertahanan China terkait bantuan untuk penanganan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengaku mendapat tawaran dari Menteri Pertahanan China terkait bantuan untuk penanganan Covid-19. Prabowo pun menyambut baik tawaran tersebut.

Menurut dia, daftar barang-barang yang dibutuhkan Indonesia sudah dikirimnya ke Menteri Pertahanan China.

"Saya sudah dapat komunikasi dari Menteri Pertahanan Tiongkok menanyakan kebutuhan kita apa. Saya sudah kirim daftar entah apa yang dipenuhi nanti," ujar Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Dia mengatakan, salah satu alat kesehatan yang masih dibutuhkan Indonesia untuk menangani Covid-19 adalah ventilator atau alat bantu napas.

Prabowo menilai, hal ini merupakan salah satu wujud kerja sama internasional, terutama dengan China. Oleh karena itu, Prabowo menyambut baik tawaran tersebut. Terlebih, lanjut dia, China sudah berpengalaman dalam menghadapi gelombang dahsyat Covid-19.

"Ini merupakan bentuk kerja sama internasional. Mereka sudah lewati gelombang dahsyat Covid-19, jadi mereka tawarkan kepada kita, kita sambut," kata Prabowo.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

12 Ton

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menerima alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 yang dijemput tim TNI AU dari China. Alat kesehatan yang diserahterimakan sebanyak 12 ton. 

"Jumlahnya ada 12 ton," ujar Prabowo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (23/3/2020).

Alat kesehatan yang diterima Prabowo ini antara lain tutup kepala dan sepatu, serta kacamata.

Menurut dia, alat kesehatan ini segera didistribusikan ke rumah sakit yang menjadi rujukan untuk menangani Covid-19.

"Segera didistribusikan ke rumah sakit-rumah sakit dan ini akan kita laksanakan terus-menerus," kata Prabowo soal alat kesehatan untuk penanganan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.