Sukses

KRI Semarang Bawa ABK World Dream ke Tanjung Priok

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 188 Warga Negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) World Dream berangkat menuju pelabuhan Kolinlamil di Tanjung Priok, Jakarta menggunakan KRI Semarang-594.

Pantauan Antara, Sabtu (14/3/2020), KRI Semarang-594 berangkat dari perairan Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu sekitar pukul 08.00 WIB. Diperkirakan perjalanan menempuh waktu tiga jam. KRI Semarang akan tiba di Tanjung Priok sekitar pukul 11.00 WIB. 

Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Laksamana Madya Yudo Margono ikut dalam perjalanan kapal tersebut. Sesuai rencana, Yudo akan menyerahkan secara resmi para ABK World Dream itu kepada Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Efendi.

Para ABK itu terdiri dari 172 laki-laki dan 16 perempuan, telah menyelesaikan proses observasi sejak Jumat (28/2/2020) hingga Jumat (13/3/2020) atau selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil.

Selain itu, turut bersama mereka 67 petugas pendamping kesehatan dalam proses observasi para ABK tersebut. Beri Surat Tak Ada Tanda Covid-19.

 

2 dari 3 halaman

Beri Surat Tak Ada Tanda Covid-19

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan, 188 ABK Dream World yang diobservasi di Pulau Sebaru Kecil selama dua pekan ini, kondisinya sudah sangat baik dan sehat untuk bisa kembali ke rumahnya masing-masing.

"Kondisi mereka sehat, pemerintah sudah memberikan surat keterangan tidak ada menunjukkan tanda-tanda gejala Covid-19," kata Yurianto di Kompleks Istana Presiden, Jumat (13/3/2020).

Dia mengungkapkan, nantinya pemerintah akan mengantar mereka dalam skema pemulangan ABK Dream World menggunakan KRI Semarang menuju Kolinlamil DKI Jakarta, sebelum akhirnya mereka bisa ke rumahnya masing-masing.

"Kami sudah mengkomunikasikan ke Pemda asal ABK ini untuk menerima mereka. Selanjutnya mereka kita izinkan untuk pulang ke kampung halamannya. Tapi saya tidak tahu apakah mreka langsung pulang atau bermalam di Jakarta," Yurianto menandaskan.

Sebelumnya, 188 anak buah Kapal World Dream yang tengah diobservasi di Pulau Sebaru Kecil Kepulauan Seribu, lantaran ada rekannya dan penumpang kapal yang menderita covid-19, segera dipulangkan. Mereka akan dipulangkan pada Sabtu 14 Maret 2020 pagi.

Panglima Komando Gabungan, I Yudho Margono mengatakan, ABK World Dream itu akan dipulangkan sekitar pukul 06.00 WIB menggunakan KRI Semarang. Mereka akan dilabuhkan di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Dari Sebaru pukul 06.00 WIB. Naik KRI Semarang, tiba pukul 11.00 WIB," ucap Yudho saat dikonfirmasi, Jakarta, Kamis 12 Maret 2020.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: