Sukses

MPR: Masalah Pendidikan Tak Bisa hanya Dibebankan ke Negara

Muzani mengatakan tiap tahun anggaran pendidikan selalu naik. Sebut saja di tahun 2018 sebanyak Rp 444 triliun, sedangkan di 2019 Rp 587 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengingatkan pemerintah, harus terus memberikan perhatian lebih ke sektor pendidikan, terutama terpenuhinya masyarakat untuk mendapatkan hal tersebut. 

Adapun ini disampaikan saat menghadiri Darul Hikam Education Conference 2020 di Bandung, Jawa Barat.

"Sesungguhnya pendidikan kita itu adalah tanggung jawab negara, negara bertanggung jawab atas seluruh proses pendidikan di wilayah Indonesia," kata Muzani dalam keterangannya, Jumat (6/3/2020). 

Dia mengingatkan tiap tahun anggaran pendidikan selalu naik. Sebut saja di tahun 2018 sebanyak Rp 444 triliun, sedangkan di 2019 Rp 587 triliun.

"Itu pun belum cukup, maka sebagian dari tanggung jawab itu diberikan ke Swasta. itulah yang dipikul lembaga pendidikan Darul Hikam, itulah yang dipikul oleh lembaga pendidikan dari Muhammadiyah, Persis NU, dan semua lembaga pendidikan lainnya, karena pendidikan menjadi tanggung jawab kita bersama," ungkap Muzani. 

Selain itu, dia bisa melihat alasan bahwa kurangnya biaya pendidikan bisa menurunkan mutu, ternyata berbanding terbalik dengan anggaran yang selalu naik, tapi masih saja ada masalah.

"Itu pun belum menyelesaikan problem pendidikan," tegas politisi Gerindra ini. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.