Sukses

67 WNI ABK Diamond Princess Negatif Corona, 2 Masih Didalami

Pemerintah juga telah menguji 188 spesimen WNI ABK World Dream. Hasilnya, semua negatif virus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah tengah mengobservasi ratusan warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) World Dream dan Diamond Princess di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Observasi dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.    

Juru Bicara Indonesia untuk Covid-19, Achmad Yurianto mengatakan, hingga saat ini proses pemeriksaan terhadap 69 spesimen dari WNI ABK Diamond Princess masih dilakukan. Dari total tersebut, 67 di antaranya sudah selesai dan hasilnya negatif virus Corona.

"Kapal Diamond Princess 69 spesimen yang sudah kita terima, kita masih melakukan pendalaman untuk 2 spesimen yang belum. Dari 69, sudah ada 67 yang sudah jelas negatif," kata Yuri, Selasa (3/3/2020).

Sementara 2 spesimen lain masih didalami oleh pemerintah. "Dua masih akan kita ulang lagi. Proses pengulangan ini kita kerja sama dengan ahli-ahli yang kita ajak berikan second opinion," ujarnya.

Sementara spesimen dari 188 WNI ABK Dream World, lanjut Yuri, juga sudah diperiksa. Semuanya dinyatakan negatif virus Corona.

"Yang 188 ABK Kapal World Dream, sudah selesai kita periksa dan seluruhnya negatif," ungkapnya.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

149 Spesimen dari 35 RS di Indonesia Negatif Corona

Pihaknya juga menerima kiriman spesimen dari 35 rumah sakit di 23 Provinsi. Hingga Senin pukul 18.00 WIB kemarin, sudah diterima 155 spesimen. Dari angka tersebut, 149 spesimen dinyatakan negatif virus Corona.

"Sudah confirm dengan beberapa pengecekan diulang, dua positif. Yang sekarang kita rawat. Yang belum selesai sekarang sekitar 4. Jadi dua positif, empat masih kita konfirmasi ulang. Sisanya yang lain, negatif," tandasnya.

 

Reporter: Wilfriifdus Setu Embu

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.