Sukses

Tiba di Batam, WNI dari Wuhan Disemprot Antivirus Saat di Tangga Pesawat

Setelah itu, para WNI dari Wuhan tersebut akan pindah pesawat untuk diterbangkan ke Natuna.

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat yang membawa WNI dari Wuhan China sudah mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam. Mereka pun tampak mengenakan pakaian astronot berwarna putih.

Pantauan Liputan6.com di Batam, Minggu (2/2/2020), para WNI langsung ke luar pesawat untuk selanjutnya menuju Natuna, Kepulauan Riau. Saat mereka turun dari pesawat, satu per satu WNI disemprot cairan antivirus. Proses sterilisasi ini diprediksi berlangsung sekitar satu jam.

Setelah itu, para WNI tersebut akan pindah pesawat untuk diterbangkan ke Natuna. Ada tiga pesawat yang sudah disiapkan. Yaitu pesawat Hercules C130, dua pesawat Boeing 737-400 yang juga milik TNI AU.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto memastikan bahwa proses screaning dan hearing sudah dilakukan agar WNI yang dipulangkan dari Wuhan dalam kondisi sehat.

"Nantinya akan kita lakukan transi observasi sesuai protokol WHO," kata Terawan di Bandara Soekarno Hatta pada Sabtu, 1 Februari 2020.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terus Pantau

Tentu saja, lanjut dia, itu membutuhkan protokol mengobservasi yang sehat, bukan orang yang sakit. Apalagi yang terpapar virus corona.

"Kami akan terus memantau, memeriksa dengan disiplin. Saya yakin, doa dan restu seluruh bangsa Indonesia, semua ini akan kerja dengan baik. Yang menjemput sehat, yang dijemput juga sehat," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.