Sukses

Ketua DPRD: Uji Kelayakan dan Kepatutan Cawagub DKI Bakal Terbuka untuk Umum

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyerahkan dua nama calon wakil gubernur atau cawagub DKI Jakarta ke DRPD.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyerahkan dua nama calon wakil gubernur (cawagub) DKI Jakarta ke DRPD. Kedua nama itu yakni Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra dan Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan, bakal ada fit and proper test alias uji kelayakan dan kepatutan bagi kedua calon pengganti Sandiaga Uno tersebut. Fit and proper test bakal digelar dalam rapat paripurna.

"Kalau uji kelayakan nanti di forum paripurna. Kita bisa lihat," katanya di Monas, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Fit and proper test pun akan berlangsung secara terbuka. Dengan begitu, performa kedua cawagub dapat dilihat dan dinilai oleh masyarakat.

"Tiap paripurna juga terbuka untuk umum, masyarakat bisa melihat layak apa ga jadi wagub, itu saja," ungkapnya.

Terkait penilaian terhadap kedua calon, Prasetyo masih enggan berkomentar. "Kita lihat di fit and proper test," singkat dia.

Setelah menerima surat dari Pemprov, pihaknya akan melakukan sejumlah hal. Salah satunya menetapkan tata tertib pemilihan cawagub.

"Langkah selanjutnya, saya akan buat surat, Bamus-kan dulu, teruskan tatibnya, bagaimana aturannya, pola pemilihannya. Sedang kita pelajari. Karena kita perlu koordinasi dengan kemendagri dengan aturan-aturan," tandasnya.

 

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.