Sukses

Tanggul Penyangga Kali Sekretaris Jebol

Jebolnya tanggul penyangga tersebut disebabkan tingginya debit air di Kali Sekretaris.

Liputan6.com, Jakarta - Tanggul penyangga Kali Sekretaris di Jalan Tanjung Duren, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat jebol pada Sabu (18/1/2020). Jebolnya tanggul penyangga tersebut disebabkan tingginya debit air di kali tersebut.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) DKI Jakarta, Muhammad Insyaf. Ia mengaku, mendapat laporan jika tanggul penyangga di Kali Sekretaris jebol.

"Saya tadi memang dengar ada kebocoran," kata Insyaf saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (18/1/2020).

Insyaf mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu informasi dari petugas yang sudah mengecek lokasi jebolnya tanggul penyangga.

"Saya belum sampai kantor, jadi saya belum mengecek hasil datanya. Nanti saya akan kasih tahu informasinya ," sambung Isnyaf.

Sementara, Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Duri Kepa, Margo Wibowo mengatakan, jebolnya tanggul penyangga Kali Sekretaris terjadi sekira pukul 09.00 WIB, tepatnya di RT 007, RW  005, Depan Vihara Duri Kepa.

Margo meminta, Pemprov DKI Jakarta untuk memperbaiki tanggul yang jebol. Ia khawatir, jika tanggul jebol terus dibiarkan maka air dari Kali Sekretaris bisa merendam rumah warga khususnya di RW 05, RW 09, dan RW 14, Perumahan Green Ville, Duri Kepa, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

"Kepada pihak terkait segera melakukan normalisasi tanggul jebol, agar luapan air kali tidak menggenangi jalan bahkan sampai permukiman penduduk," ucap Margo Wibowo.

 

(Rizki Putra Aslendra)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.