Sukses

Tambah Area Hijau, Lahan Parkir Kawasan Monas Akan Ditiadakan

Ia juga memastikan bahwa ratusan pohon yang sudah ditebang akibat dampak revitalisasi di sisi selatan Monas akan dikembalikan di tempat semula.

Liputan6.com, Jakarta - Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monumen Nasional atau Monas akan meniadakan lahan parkir. Fungsi lahan parkir nantinya akan diubah menjadi kawasan hijau.

Kepala UPK Monas Isa Sanuri mengatakan alih fungsi itu merupakan rangkaian dari proyek revitalisasi Monas. Saat ini revitalisasi Monas tahap pertama, dari tiga tahapan revitalisasi, sedang dikerjakan.

"Itu sudah bagian dari master plan-nya bahwa di bagian selatan, bagian tugu. Ini (pekerjaan revitalisasi) tahun 2019, nanti sisanya bagian sisi selatan IRTI bakal jadi jalur hijau," kata Isa kepada merdeka.com, Jumat (17/1/2020).

Ia juga memastikan bahwa ratusan pohon yang sudah ditebang akibat dampak revitalisasi di sisi selatan Monas akan dikembalikan di tempat semula. Bahkan pepohonan akan ditambah di area lahan parkir.

Isa menuturkan ketiadaan lahan parkir sebagai upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengkampanyekan masyarakat menggunakan transportasi umum dalam mobilitas. Sebab kawasan Monas akan terintegrasi dengan seluruh moda transportasi umum seperti Moda Raya Terpadu (MRT), Trans jakarta, dan kereta listrik.

Namun, peniadaan lahan parkir diakuinya tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. Hal ini sesuai tahapan fase revitalisasi sepanjang tiga tahun.

"Belum, ini masih proses, masih berlanjut. Tahapan ini kan tiga tahun," tukasnya.

Sementara itu, revitalisasi kawasan Monas mendapat kritik dari koalisi pejalan kaki. Penyebabnya, sejumlah pohon ditebang untuk memuluskan proyek tersebut.

 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Penebangan Pohon

Isa tak memungkiri adanya penebangan pohon untuk proyek revitalisasi Monas. Namun ia menjamin, akan kembali menempatkan pohon yang ditebang pada area revitalisasi Monas, tepatnya di sisi selatan.

"Dikembalikan lagi nanti fungsinya. Itu kan bahan revitalisasi, karena itu memang bagian dari hasil sayembara, itu dibuat plaza, kemudian nanti akan ditanam kembali di kawasan yang memang ada sekarang," kata Isa.

Pantauan merdeka.com area revitalisasi tahap pertama berada di sisi selatan Monas, atau dekat dengan patung pintu masuk parkir IRTI Monas. Isa mengatakan, pekerjaan revitalisasi ditargetkan selesai Februari.

"Target Februari selesai," tutup dia.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.