Sukses

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo Absen di Rakernas PDIP

Liputan6.com, Solo - Ketua DPC PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo absen mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP I 2020 di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Ia tidak hadir lantaran memilih untuk tetap di Solo karena ada kegiatan yang tak dapat ditinggalkan, yakni apel bersama siaga bencana.

"Saya izin karena Solo rawan bencana sehinga tidak mungkin saya dan Pak Pur (Wakil Wali Kota Solo) sebagai kepala daerah pergi semua," kata dia ketika ditemui usai Apel Bersama Siaga Bencana di Plaza Manahan Solo, Jumat, (10/1/2020).

Rudy menuturkan, sebenarnya para kepala daerah yang diusung PDIP wajib untuk hadir dalam rakernas tersebut. Hanya, kali ini dirinya lebih memilih untuk absen karena ada kepentingan yang lebih diperhatikan, yakni tanggap bencana.

"Ini kan untuk kepentingan yang lebih besar untuk tanggap bencana, Solo dikategorikan rawan bencana. Jadi kalau pas ada bencana, nanti saya sama Pak Pur lungo (pergi) kabeh, kan lucu, " kata dia.

Rudy mengungkapkan, ini menjadi momen pertama bagi dirinya untuk tidak menghadiri Rakernas PDIP. Setiap tahun dirinya selalu mengikuti rapat kerja dari partai berlambang banteng moncong putih itu. Ia mengaku siap ditegur karena absen dalam Rakernas.

"Tugas saya mementingkan kepentingan lebih besar. Paling kalau ditanya Bu Mega, ya saya jawab kalau saya jadi Kepala Tanggap Bencana," ujar dia.

Meskipun ia tidak hadir, namun sejumlah perwakilan dari DPC PDIP Solo memastikan hadir dalam rakernas tersebut. Rudy menyebutkan nama yang hadir di antaranya Achmad Purnomo mewakili kepala daerah dan Teguh Prakosa mewakili DPC PDIP Solo. Seperti diketahui dua nama tersebut merupakan pasangan bakal calon Wali Kota Solo yang diusung DPC PDIP Solo.

"Yang berangkat itu untuk fraksi 30 orang ditambah DPC itu ada tiga orang," ucap FX Hadi Rudyatmo.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: