Sukses

Antisipasi Rob di Jakarta, Karung Pasir hingga Alat Berat Disiagakan

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf menyebut, terdapat tujuh lokasi yang berpotensi terkena banjir rob,

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Juaini Yusuf menyebut, terdapat tujuh lokasi yang berpotensi terkena banjir rob yang tersebar di Jakarta Utara.

Dia menyatakan, pihaknya telah menyiagakan sejumlah pompa air mobile dan sejumlah petugas yang berjaga di lokasi pesisir Jakarta.

"(Petugas dan pompa) Sudah di area potensi terdampak pasang laut. Tegal Alur, Muara Baru, Muara Angke, Kali baru, Cilincing, Marunda," kata Juaini saat dihubungi, Rabu (8/1/2020).

Dia juga menyebut selain pompa, karung-karung berisi pasir juga disediakan guna menjadi tanggul saat air laut pasang. Bahkan sejumlah alat berat juga disediakan.

"Petugas pompa stasioner yang berdekatan dengan lokasi rob karung pasir, armada dump truck dan escavator," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petugas Siaga Sejak Pagi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan pihaknya telah menyiagakan sejumlah pompa mobile untuk mengatasi terjadinya banjir rob. Rencananya pompa-pompa air diletakkan tidak jauh dari pesisir pantai.

"Itu digerakan ke sekitar pesisir untuk membantu bila ternyata muncul rob sehingga bisa dialirkan," kata Anies di Balaikota, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyebut para petugas juga telah bersiaga di lokasi yang status waspada. Dia juga menyebut petugas sudah mulai siaga sejak pagi hari.

"Asisten pembangunan dengan Dinas Sumber Daya Air sudah secara khusus menempatkan titik mana, kita harus statusnya waspada," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.