Sukses

Instruksi Jokowi ke Anies Baswedan Soal Banjir Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk melanjutkan pengerjaaan normalisasi dan naturalisasi sungai-sungai yang ada di Jakarta. Sehingga, dapat menangkal banjir di ibu kota.

Hal ini disampaikan Jokowi saat rapat koordinasi penanganan banjir Jabodetabek dengan sejumlah kepala daerah di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (8/1/2020). Anies Baswedan turut hadir dalam rapat ini.

"Juga pengerjaan-pengerjaan meneruskan kembali baik normalisasi atau naturalisasi yang ada di, sungai-sungai yang ada di Jakarta," kata Jokowi.

Dia mengingatkan Anies bahwa ada 14 sungai di Jakarta, bukan hanya Ciliwung saja. Jokowi menekankan bahwa seluruh sungai tersebut perlu dinormalisasi.

"Perlu saya sampaikan bahwa Sungai yang ada di Jakarta bukan hanya di ciliwung saja. Ada sungai pesanggrahan, sungai Cipinang, sungai Buaran, dan 14 sungai yang lainnya," ujarnya.

"Ini semuanya perlu dilakukan sebuah penormalan kembali sehingga aliran air yang ada di Jakarta bisa kembali normal kembali," sambung Anies Baswedan.

Selain Anies, tampak pula Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim, Walikota Bekasi Rachmat Effendy, Bupati Bogor Ade Yasin, dan Bupati Lebak Iti Jayabaya. Sementara Jokowi didampingi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteti LHK Siti Nurbaya, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

 

2 dari 2 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: