Sukses

Survei Median: Gibran Kalah Populer dari Petahana di Pilkada Solo

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga survei Median menyebut tingkat popularitas Gibran Rakabuming Raka masih kalah dari Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo. Survei tersebut dilakukan kepada warga Solo mulai 3 hingga 9 Desember 2019.

Direktur Eksekutif Median Rico Marbun menyebut, hanya dua nama dari 18 orang yang popularitasnya tinggi, yakni Purnomo dan Gibran.

"Achmad Purnomo 94,5 persen dan kedua Gibran 82,3 persen. Sisanya semua di bawah 50 persen," kata Rico di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (16/12/2019).

Dia menyebut untuk elektabilitas Gibran juga masih kalah dari Purnomo yang mendapatkan dukungan sebesar 45 persen. Sedangkan Gibran hanya mendapatkan 24,5 persen.

"Petahana dengan elektabilitas 45 persen, kemudian Gibran. Sementara tokoh-tokoh lainnya sampai saat ini belum cukup signifikan," ucapnya.

Selain itu, Rico menyebut warga Solo memilih Gibran dengan alasan muda, putra Jokowi dan pengusaha kreatif. Sedangkan Purnomo dipilih karena berpengalaman, merakyat, dan belum ada calon lain yang sepadan.

Kendati begitu, dia menilai adanya perubahan hasil akhir, sebab pelaksanaan Pilkada 2020 belum di mulai.

"Masih sangat mungkin berubah karena waktu Pilkada masih September 2020," jelasnya.

Survei itu dilakukan kepada 800 responden dengan menggunakan multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3,5 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Loading
Artikel Selanjutnya
Aksi Gibran Demi Maju Pilwakot Solo, Blusukan hingga Temui Kepala Daerah
Artikel Selanjutnya
Politikus Senior PAN Sarankan Gibran Belajar Dulu Sebelum Maju Pilkada Solo