Sukses

Momen Kemesraaan Surya Paloh-Megawati, Bilang Sayang dan Jabat Tangan

Liputan6.com, Jakarta - Jabat tangan erat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketum Nasdem Surya Paloh mengakhiri kabar panas soal isu retaknya hubungan keduanya.

Momen tersebut terjadi saat keduanya bertemu di HUT ke-8 Nasdem yang digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Senin, 11 November 2019.

Sikap cuek Megawati terhadap Surya Paloh berawal saat keduanya menghadiri pelantikan anggota baru DPR, Selasa 1 Oktober 2019. Insiden salaman ini bahkan viral setelah salah satu televisi swasta berhasil mengabadikan momen tersebut.

Ada sejumlah orang yang disalami Megawati dalam video viral tersebut. Di sana juga terlihat Ketua Nasdem Surya Paloh, ada pula Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Pada saat posisi Mega ada di depan Surya, pimpinan PDIP ini malah melengos dan melewatinya.

Dari sini lalu muncul berbagai spekulasi bahwa hubungan keduanya telah renggang. Belakangan hal tersebut dibantah oleh PDIP dan Nasdem. 

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, hubungan Megawati dan Surya Paloh baik-baik saja. Keduanya bahkan sudah bertemu di Istana Bogor beberapa hari lalu.

"Bu Mega dan Bang Surya diskusi intens beberapa hari yang lalu saat di Istana Bogor. Jadi hubungannya baik-baik saja," kata Hasto dalam keterangannya, Kamis, 3 Oktober 2019.

Nasdem juga menegaskan, tidak ada gesekan yang terjadi antara kedua pemimpin tersebut.

"Biasa saja, tidak ada (gesekan)," ungkap Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik DPP Partai NasDem, Willy Aditya saat ditemui di bilangan Menteng, Jakarta, Kamis, 3 November 2019.

Berikut deretan momen kemesraan Surya Paloh dan Megawati:

2 dari 5 halaman

Megawati Salami Surya Paloh

Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri akhirnya bersalaman dengan Surya Paloh saat Megahadir di puncak ulang HUT ke-8 Nasdem di JI Expo Kemayoran Jakarta, Senin, 11 November 2019.

Mega yang didampingi putrinya, Puan Maharani, datang dengan baju merah dan celana hitam disambut langsung oleh Surya Paloh memasuki arena lokasi. Keduanya sempat berbicang ringan sebelum memasuki arena acara. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyinggung momen cueknya Ketum PDIP Megawati saat diajak salaman dengan Ketum Nasdem Surya Paloh. Jokowi menyebut, apa yang dilakukan Megawati tidak sengaja.

"Kalau pas Bu Mega gak nyalami Bang Surya itu kelewatan saja," kata Jokowi dalam puncak HUT Nasdem di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Senin (11/11/2019).

Eks Walikota Solo itu pun menceritakan momennya yang pernah lupa menyalami orang. Menurutnya, hal itu biasa terjadi.

Menurut Jokowi, Surya Paloh sangat menyayangi Megawati. Keharmonisan keduanya tidak perlu diragukan.

"Betapa sayangnya Bang Surya kepada Ibu Megawati, coba sahabat sejati saya yang paling saya sayangi Ibu Megawati Soekarnoputri beliau sampaikan, kata Jokowi.

Dia bahhkan menepis anggapan bila koalisinya tidak kompak. Menurutnya, hubungan Surya Paloh dan Megawati baik baik saja.

3 dari 5 halaman

Surya Sebut Mega Sahabat Sejati

Saat memberikan sambutan, Surya Paloh menyebut Megawati Soekarnoputri sebagai sahabat sejati dari Partai Nasdem.

"Megawati sahabat sejati Nasdem," ucap Paloh.

Megawati yang mendengar pernyataan Paloh itu, langsung tersenyum. Dia tampak hadir bersama Ketua DPR, Puan Maharani.

Terlebih dulu Surya menyapa sang Ketua Umum PDIP ini yang turut hadir dalam acara tersebut.

"Selamat datang yang saya hormati, Presiden RI ke-5. Siapa dia," ucap Paloh.

"Megawati," jawab seluruh kader yang hadir dalam acara tersebut.

4 dari 5 halaman

Sayang dengan Mbak Megawati

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengaku, dsangat menghormati Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Saking hormatnya kepada Megawati, Paloh menyebut bahwa dirinya sangat sayang dengan Presiden RI ke-5 itu.

"Saya masih sayang dengan Mbak Mega," ucap Paloh.

Dalam kesempatan ini, Paloh meluruskan isu yang menyebut bahwa dirinya dan Megawati tidak akur. Hal ini menyusul insiden Megawati yang tidak menyalami Paloh saat pelantikan anggota DPR, MPR, dan DPD.

"Saya coba kirim intelijen, hasilnya saya tahu. Itu tidak sengaja. Ini penting sekali. Ketika Mbak Mega enggak salam, rusak semua Indonesia," ucap Paloh.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Megawati: Pancasila Sudah Dihargai di  Seluruh Dunia
Artikel Selanjutnya
Pesan Megawati ke Kader PDIP: Jangan Lupa Diri dan Mabuk Kekuasaan