Sukses

PAN Akan Bertemu Nasdem dan PDIP Jajaki Pemilu 2024

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan membenarkan rencana pertemuan dengan Partai Nasdem. PAN juga diagendakan bertemu dengan PDIP dan Golkar untuk menyongsong Pilkada 2020 dan Pilpres 2024.

"Kalau silaturahmi dengan partai itu kan pasti namanya parpol ya, sudah mulai lihat-lihat nanti bagaimana 2024 kan sebentar sampai tuh enggak kerasa," kata pria yang kerap disapa Zulhas di gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Meski Pilpres 2024 masih jauh, Zulhas mengatakan penjajakan kerja sama antara PAN dengan partai politik lain memang harus dilakukan sejak jauh hari. Hal itu menurutnya bukan hal yang aneh dalam politik.

"Ya parpol kan gitu. Yang repot kalau misal pertarungan pilpres kan biasa. Cuma dulu kan temen-teman media, rakyat belom move on. Capres Pak Prabowo jadi Menhan. Kan biasa saja gitu. Jadi kalau partai ketemu biasa saja," ujarnya.

Selain bicara soal politik dan koalisi ke depan, dia menyatakan rencana pertemuan dengan sejumlah parpol juga membahas isu strategis seperti UU kontroversial.

"Kan banyak UU dibahas nih. KUHP mau dibahas lagi. Kemudian pertanahan yang agraria yang pro kontra. Tentu kita musti menyamakan persepsi. Jadi perlu silaturahmi lah. Besok malam kan Golkar undang kita jadi biasa. Bagus kalu partai-partai jumpa," Ketum PAN ini menandaskan.

2 dari 3 halaman

Bertemu Akhir November

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh akan melakukan pertemuan dengan petinggi Partai Amanat Nasional (PAN). Pertemuan itu rencananya akan dilakukan akhir November setelah Nasdem selesai menggelar kongres pada 8-11 November 2019.

"Dengan PAN kita akan ketemu akhir November. Saya sudah berkomunikasi dengan Mas Eddy Soeparno, ini kita lagi sibuk Nasdem akan menggelar hajatan mau kongres minggu depan," kata Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya di Kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu 2 November 2019.

Dia mengatakan, pertemuan itu juga sudah dibicarakan dengan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno.

"Tapi dengan PAN kita sudah berkomunikasi. Waktunya sudah ada ya, tinggal kapan di day-nya yang belum," ungkapnya.

Lanjutnya, Nasdem juga berencana bertemu dengan Demokrat. Namun Willy belum bisa memastikan kapan pertemuan itu terlaksana.

"Sejauh ini masih agenda. Makanya tadi saya bilang masih tentatif," ucapnya

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Tak Lolos di DPR, Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf Diangkat Jadi Stafsus Menteri Agraria
Artikel Selanjutnya
Bima Arya Belum Memutuskan Maju Jadi Caketum PAN di Kongres 2020