Sukses

Menko PMK Sarankan Menteri Agama Konsultasi ke MUI soal Pelarangan Cadar

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadji Effendy menyarankan Menteri Agama Fachrul Razi berkonsultasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) soal wacana pelarangan penggunaan cadar di lingkungan pemerintahan.

"Nanti pasti Pak Menag akan minta fatwa dari MUI, misalnya untuk penetapan (pelarangan cadar) itu," ucap Muhadjir saat ditemui di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Menurut pandangannya, setiap orang di lingkungan pemerintahan harus berseragam sesuai ketentuan. Dengan catatan khusus, sepanjang hal terkait dapat dimaklumi.

"Namanya seragam harus ada kepastian ya, tidak boleh ada hak-hak ekslusif tertentu, sepanjang itu masih bisa ditoleransi," kata Muhadjir.

 

2 dari 3 halaman

Mendukung Larangan Cadar

Namun, Muhadjir secara pribadi menyatakan dukungan terhadap wacana pelarangan cadar di lingkup pemerintah. Sebab, hal tersebut terkait dengan etika bertutur yang baik saat berkomunikasi.

"Mendukung (wacana), masa mau ngomong dengan orang-orang kemudian harus dibuka (cadarnya), kan juga enggak etislah," Muhadjir menandaskan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Curhatan Pengurus Vihara di Sumut kepada Menag Fachrul Razi
Artikel Selanjutnya
Menag: Uni Emirat Arab Akan Investasi di Pendidikan, Bangun 160 Madrasah