Sukses

Wali Kota Tangerang Kembali Raih Anugerah Pandu Negeri

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Ketua Indonesian Institute Publik Governance (IIPG) Sigit Pramono.

 

Liputan6.com, Jakarta - Untuk ketiga kalinya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali menerima Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2019 dengan predikat Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Baik yang diberikan oleh Indonesian Institute Publik Governance (IIPG).

Anugerah Pandu Negeri merupakan sebuah apresiasi bagi pemerintah provinsi, kabupaten dan kota terbaik, serta pemimpin inovatif yang telah berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia melalui reformasi tata kelola pemerintahan yang baik.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Ketua Indonesian Institute Publik Governance (IIPG) Sigit Pramono kepada Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, dalam acara yang berlangsung di aula Bina Karna, Hotel Bidakara, Jakarta, Jumat (25/10/2019) malam.

Ditemui seusai acara penyerahan penghargaan, Wali Kota menyampaikan apresiasinya kepada IIPG yang merupakan lembaga independen atas apresiasi yang telah diberikan kepada Pemkot Tangerang.

"Pemkot Tangerang tidak akan berhenti untuk melakukan terobosan-terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat," ungkap Wali Kota dalam acara yang juga dihadiri oleh mantan Wakil Presiden RI Boediono.

Sementara itu, Ketua Indonesian Institute Publik Governance (IIPG) Sigit Pramono menjabarkan penilaian dilakukan terhadap 548 Pemerintah Daerah yang terdiri dari 34 provinsi, 416 kabupaten, dan 98 kota dan kota administrasi, dengan dua kriteria utama. Yaitu aspek performance dan governance.

"Aspek performance meliputi pertumbuhan ekonomi, pengembangan nanusia, kemudian aspek governance yang meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, serta antikorupsi," ujar Sigit.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Menjadi Teladan

Sigit menambahkan dengan penghargaan yang diraih, kepala daerah serta Pemda dapat menjadi teladan bagi masyarakatnya untuk membangun negeri.

"Sesuai dengan namanya Anugerah Pandu Negeri," singkatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.