Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini 2 Kali Guncang Bengkulu

Gempa hari ini mengguncang Bengkulu dua kali. Gempa pertama dan gempa kedua kurang lebih berjarak 4,5 jam.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali menggoyang wilayah Indonesia. Hingga pukul 18.15 WIB, lindu dua kali menggetarkan Provinsi Bengkulu, tepatnya di bagian barat Enggano. 

Pulau Enggano adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Hindia. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, dan merupakan satu kecamatan.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Selasa (15/10/2019). 

Dari dua kali gempa yang menguncang Bengkulu, jarak waktu antara gempa pertama dan kedua berjarak 4,5 jam. 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Enggano

Gempa pertama terjadi di Pulau Enggano, Bengkulu Utara dengan kekuatan magnitudo 5,9. Lindu terjadi pada pukul 05:23:51 WIB dengan kedalaman 10 Kilometer.

Pusat gempa berada 158 km barat laut Pulau Enggano, Bengkulu. 

Sedangkan lokasi gempa terletak pada titik koordinat 4,6 Lintang Selatan dan 101,05 Bujur Timur. 

3 dari 3 halaman

Gempa Bengkulu

Gempa kedua terjadi di Kota Bengkulu dengan magnitudo 5,0. Gempa ini terjadi pada pukul 10:00:14 WIB dengan kedalaman 10 Kilometer.

Pusat gempa berada 152 km barat daya Bengkulu. 

Sedangkan lokasi gempa terletak pada titik koordinat -4,5 Lintang Selatan dan 101,08 Bujur Timur. 

 

 

(Jagat Alfath Nusantara)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • Gempa Bengkulu

  • Gempa Bengkulu Utara