Sukses

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat pada Anggota DPR hingga DPD yang Baru Dilantik

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri pelantikan 575 anggota DPR, 711 anggota MPR, dan 136 anggota DPD RI periode 2019-2024. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengucapkan selamat kepada anggota MPR/DPR/DPD yang sudah dilantik dalam akun instagramnya. Dia juga mengunggah foto bersalaman dengan anggota yang baru dilantik di gedung DPR.

"Selamat bekerja kepada para anggota MPR/DPR/DPD RI masa bakti tahun 2019-2024," kata Jokowi dalam akun instagramnya, Selasa (1/10/2019).

Sebelumnya diketahui, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali memimpin pengambilan sumpah dan janji 575 anggota DPR RI periode 2019-2024. Dengan demikian, para caleg DPR RI terpilih pada Pemilu 2019 tersebut resmi menjadi wakil rakyat di DPR.

Hatta Ali mengatakan, seluruh anggota DPR wajib bersumpah atau berjanji menurut agama masing-masing.

"Apakah saudara-saudara bersedia disumpah atau berjanji menurut agama saudara?" tanya Hatta Ali di Gedung DPR, Selasa (1/10). Seluruh anggota DPR terpilih serentak mengucapkan bersedia.

2 dari 3 halaman

Dipimpin Ketua MA Hatta Ali

Selanjutnya, Hatta memimpin sumpah dan janji anggota. Salah satunya soal komitmen mengutamakan kepentingan negara ketimbang pribadi.

"Mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan, aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional, demi kepentingan bangsa, dan menjaga kesatuan Republik Indonesia," kata Hatta diikuti seluruh anggota DPR.

Kemudian perwakilan anggota DPR terpilih secara simbolik melakukan penandatanganan sumpah dan jabatan setelah diucapkan. Berkas itu juga ditandatangani juga oleh rohaniwan dan Ketua MA RI.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: