Sukses

Selamat Ulang Tahun SBY

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), hari ini, Senin, 9 September 2019 tepat berusia 70 tahun. SBY lahir di Pacitan, 9 September 1949.

Dia menjadi orang nomor satu di Tanah Air pada 20 Oktober 2004 hingga 20 Oktober 2014 dan menjadi Presiden pertama yang dipilih melalui pemilu langsung.

Politikus Partai Demokrat, Ferdinand Sinaga yang kerap mendampingi SBY menilai, pria yang akrab dipanggil Pepo oleh keluarganya itu merupakan seorang pemimpin yang tidak elitis. Malah, kata Ferdinand, SBY dan keluarga merupakan tokoh yang merakyat.

"Awalnya, saya hampir tak percaya dengan apa yang saya lihat dan bandingkan dengan cerita di luar bahwa SBY dan keluarga sangat wah, elitis dan tidak merakyat," kata Ferdinand saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Senin (9/9/2019).

Menurut dia, keluarga SBY kerap tampil apa adanya dan tidak berlebihan. "Sungguh sangat apa adanya," ujar Ferdinand.

 

2 dari 3 halaman

Gaya Kepemimpinan Demokratis

Menurut Ferdinand, gaya kepemimpinan SBY juga begitu demokratis tidak sebagaimana yang digembar-gemborkan pihak tertentu yang menganggap kepemimpinannya sepihak. Hal yang sama juga, lanjut Ferdinand, SBY terapkan dalam memimpin keluarganya.

"Beliau sungguh menerapkan demokrasi dalam setiap pengambilan keputusan. Kami selalu diajak diskusi, bahkan berdebat untuk menyimpulkan satu langkah politik," kata Ferdinand.

"Selain kepemimpinan yang demokratis, beliau juga sangat perhatian kepada kader. Setiap ketemu dengan kader selalu ada dialog yang menunjukkan kepedulian kepada kader," imbuh dia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
SBY Akan Sampaikan 10 Isu Nasional dalam Pidato Akhir Tahun Rabu Lusa
Artikel Selanjutnya
SBY Akan Umumkan Sikap Politik Demokrat di Akhir Tahun