Sukses

Bertemu Hendropriyono, Prabowo Tegaskan Dukung Pemerintah Terkait Papua

Mantan Danjen Kopassus ini mengatakan jika ada permasalahan negara, semua pihak harus bersatu dan saling mendukung.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu dengan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono, Kamis malam. Pertemuan di kediaman Hendropriyono itu tertutup dan berlangsung sekitar 2,5 jam.

Prabowo menyampaikan, pertemuan itu tidak secara khusus bertujuan membahas masalah Papua. Kunjungan itu menurutnya adalah kunjungan kekeluargaan dan kunjungan pribadi yang telah lama direncanakan.

"Sudah lama saya ingin sowan. Pak Hendro senior saya. Jadi guru saya sehingga saya merasa memang pantas lah untuk sowan, diskusi, apalagi kalau ada masalah," jelasnya di Senayan Residence, Jakarta Selatan, Kamis (5/9/2019) malam.

Mantan Danjen Kopassus ini mengatakan jika ada permasalahan negara, semua pihak harus bersatu dan saling mendukung. Karena itulah dia meminta waktu khusus untuk berkunjung.

"Walaupun intinya adalah kekeluargaan kita juga membahas hal-hal yang menyangkut kepentingan bangsa dan negara," ujarnya.

Terkait masalah Papua, Prabowo mengatakan bertukar pandangan dengan Hendropriyono. Menurutnya dalam mengatasi persoalan di Papua dan Papua Barat, semua komponen bangsa harus kompak dan saling membantu.

"Tapi intinya adalah kita sebagai bangsa harus kompak, harus sejuk, saling bantu, jangan saling cari kesalahan. Mari kita bersama-sama kita atasi semua masalah. Saya yakin tidak benar kalau ada yang memecah belah Saudara-saudara kita di Papua, bagian integral dari republik Indonesia. Saya yakin pemerintah sudah merancang yang terbaik (penanganan Papua)," jelasnya.

Saran khusus kepada pemerintah dalam mengatasi masalah ini, Prabowo mengatakan semua pihak harus mencari solusi konstruktif. Dia mengajak semua pihak mendukung pemerintah. Menurutnya kepentingan nasional di atas segalanya.

"Semua kita cari sesuatu yang konstruktif lah. Kita ingin, yang saya serukan adalah kita harus kompak mendukung pemerintah dalam soal kedaulatan, tidak ada perbedaan pandangan. Saya kira semua bersatu. Saya kira demikian," jelasnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijamu Makan Malam

Prabowo juga menyampaikan terima kasih atas penerimaan Hendropriyono dan keluarga. Dia mengatakan dijamu secara khusus dan disuguhkan makan malam dengan menu nasi mandi.

"Tadi dikasih makan nasi mandi. Saya merusak diet saya sendiri karena diundang Bapak dan Ibu. Terima kasih. Saya kenal putra-putra Beliau waktu mereka masih sangat kecil. Sekarang saya ya nostalgia tapi saya merasa kok saya sudah tua begini," pungkasnya.

Hendropriyono mengatakan pertemuan ini adalah obat kangen karena telah lama mereka berpisah jalan. Mereka kerap bertemu di acara non-formal dan hanya berpapasan. Dia memuji Prabowo sebagai sosok yang patriotik dan cerdas.

"Sehingga pada kesempatan ini banyak kita berdiskusi berbagai masalah selain dari kangen-kangenan dan yang saya sangat hargai selalu kalau itu menyinggung masalah kebangsaan, Beliau selalu tampil gagah perkasa. Harus bersatu dan mendukung pemerintah untuk menyelesaikan ini," ujarnya.

"Bukan waktunya lagi untuk menyalah-nyalahkan. Sekarang harus kompak, bersatu. Itu memang menurut saya sifatnya dari dulu. Tidak berubah," tutupnya.

 

Reporter: Hari Ariyanti

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.