Sukses

Lembaga Survei: 39,8 Persen Tidak Setuju Rencana Pemindahan Ibu Kota

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan lokasi rencana ke Kalimantan Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengumumkan lokasi rencana pemindahan ibu kota. Namun, Lembaga Survei KedaiKOPI menunjukkan sebanyak 39,8 persen responden tidak setuju dengan usulan tersebut.

Sedangkan yang setuju sebesar 35,6 persen dan 24,6 persen memilih untuk tidak beropini terkait pemindahan ibu kota.

"Penduduk DKI Jakarta tentu saja yang paling terdampak dari rencana pemindahan ini, tidak mengherankan jika mereka paling banyak yang tidak setuju," kata Direktur Eksekutif KedaiKOPI Kunto Wibowo, dilansir Antara.

KedaiKOPI menggelar survei pada 14-21 Agustus 2019 di 34 provinsi seluruh Indonesia. Dalam proses ini, ditemukan 95,7 persen responden dari DKI Jakarta mengekspresikan ketidaksetujuannya terhadap pemindahan ibu kota.

Sementara 48,1 persen responden dari Pulau Kalimantan menyatakan setuju terhadap rencana pemindahan ibu kota. Responden dari Pulau Sulawesi memiliki persentase terbesar untuk persetujuan terhadap rencana pindahnya ibu kota dengan 68,1 persen.

Kunto Wibowo menjelaskan, belum adanya kejelasan tentang apa yang akan terjadi di DKI Jakarta setelah pemindahan ibu kota dan minimnya informasi tentang usaha pemerintah untuk meminimalisir dampak negatif pemindahan Ibu kota, menjadi alasan munculnya reaksi negatif dari penduduk Jakarta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harus Dikomunikasikan

Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI Hendri Satrio mengatakan pengumuman lokasi baru ibu kota Indonesia di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, hanya menjadi wacana jika tanpa ada persetujuan dari DPR RI.

Hendri Satrio menambahkan, ada tiga alasan mengapa Presiden Jokowi mengumumkan lokasi ibu kota baru Indonesia yang baru. Pertama, ingin cepat memberikan warisan kepada Indonesia.

Kedua, sudah percaya diri DPR akan menyetujui rencana ini melihat komposisi perolehan kursi koalisi pemerintah yang di atas 50 persen. Ketiga, kajian mengenai pemindahan ibu kota yang sudah lengkap dan menyeluruh.

Hendri Satrio menilai rencana pemindahan ibu kota sudah baik. Namun, proses yang ada harus dikomunikasikan dengan rakyat agar tidak terkesan terburu-buru.

"Alasan utamanya harus disampaikan kenapa ini harus segera pindah, sehingga masyarakat Jakarta, Kaltim, dan rakyat Indonesia juga bersiap," kata Hendri Satrio.

3 dari 3 halaman

Margin Error 2,83 Persen

Sebanyak 1.200 responden ambil bagian pada survei KedaiKOPI. Mereka diwawancarai secara tatap muka dengan metode pencuplikan multistage random sampling. Margin of error survei ini adalah +/- 2,83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei ini didanai secara swadaya oleh KedaiKOPI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.