Sukses

Dukungan Terus Mengalir, Erick Thohir Dinilai Semakin Kuat di Posisi Cawapres

Upaya Erick Thohir terus memperjuangkan sepakbola Indonesia pasca batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 terus mengalir dari masyarakat. Erick terus meraih simpati dan perspektif positif dari publik.

 

Liputan6.com, Jakarta - Dukungan terhadap Ketum PSSI Erick Thohir terus mengalir dari masyarakat berkat usahanya memperjuangkan sepak bola Indonesia pasca-batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Erick Thohir terus meraih simpati dan persepsi positif dari masyarakat.

Pengamat komunikasi politik dari Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga, menilai bahwa Erick Thohir meraih dampak positif dari dinamika Piala Dunia U-20. Menurutnya, Menteri BUMN ini akan mendapatkan persepsi positif misalnya mengenai popularitas hingga elektoral.

“Erick dipersepsi positif oleh sebagian masyarakat. Persepsi seperti itu tentunya dapat meningkatkan popularitas dan elektoral Erick,” kata Jamiluddin kepada wartawan, Sabtu (1/4/2023).

"Erick Thohir tampaknya diuntungkan dalam kasus dibatalkannya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Sebab, Erick dinilai oleh sebagian masyarakat sudah berupaya maksimal untuk melobbi FIFA agar tetap menjadi tuan rumah," sambungnya. 

Dampak tersebut dinilai turut menguatkan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres). Hal itu juga didukung oleh hasil survei terbaru Indo Barometer yang menyebutkan Erick Thohir merupakan cawapres favorit pilihan masyarakat. 

Mantan Presiden Inter Milan ini memiliki elektabilitas tertinggi sebagai cawapres dibandingkan dengan kandidat lain yang sudah lama berkiprah di politik.

Elektabilitas Erick Thohir terpotret di angka 22,9 persen dan berada di posisi pertama sebagai cawapres. Elektabilitas orang nomor satu di PSSI ini mengungguli Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Khofifah terekam memiliki elektabilitas sebesar 15,8 persen dan berada di posisi ke dua. Sedangkan Muhaimin berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 6,7 persen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kiprah Erick Thohir di Dalam dan Luar Pemerintahan

 

Seperti diketahui, kiprah dan prestasi luar biasa Erick Thohir sudah terlihat sebelum memasuki arena pemerintahan Indonesia. Erick Thohir merupakan orang Asia pertama yang mampu membeli saham mayoritas salah satu klub sepak bola terbesar di dunia yakni Inter Milan FC.

Berkat hal tersebut ia menjadi Presiden Inter Milan FC. Setelah itu ia adalah figur pemimpin yang berkontribusi menyukseskan gelaran Asian Games 2018 di Tanah Air hingga membawa nama Indonesia harum di pentas dunia.

Erick Thohir juga pemimpin yang mengantarkan Presiden Jokowi untuk memimpin Indonesia di periode kedua. Kala itu, ia merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi – Ma’ruf di Pilpres 2019.

Atas keberhasilannya ia diberikan amanah oleh Presiden Jokowi sebagai Menteri BUMN. Di Kementerian BUMN Erick Thohir berhasil menanggulangi pandemi Covid-19, memulihkan perekonomian negara dan masyarakat, serta mentransformasi perusahaan-perusahaan pelat merah hingga banyak menghasilkan keuntungan.

Erick Thohir menggerakkan ekonomi masyarakat sejak awal memimpin hingga kini melalui program unggulan yakni KUR, Mekaar, dan Makmur. Terobosan terus bertambah dengan adanya program Santripreneur, Pesantrenpreneur, Rumah BUMN, Pasar Digital UMKM, dan Solusi Nelayan.

Transformasi yang dilakukan Erick Thohir di Kementerian BUMN juga berhasil meningkatkan laba setiap tahunnya dan kontribusi kepada negara. Laba Kementerian BUMN terekam meningkat setiap tahun dari Rp 13 triliun di tahun 2020, Rp 124,7 triliun di 2021 dan Rp 303,7 pada tahun 303,7 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.