Sukses

2 Mantan Sekjen Tak Hadiri Muktamar PKB, Cak Imin: Semua Panitia Tuan Rumah

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan, sedianya pengurus partai hadir muktamar tanpa perlu ada undangan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin enggan mengomentari ketidakhadiran dua mantan Sekretaris Jenderal PKB, Lukman Edy dan Abdul Kadir Karding dalam Muktamar PKB di Nusa Dua, Bali.

Cak Imin mengatakan, sedianya pengurus partai hadir tanpa perlu ada undangan. Sebagai contoh, kata Imin, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri hadir ke Muktamar tanpa menunggu adanya undangan.

"Dia kan pengurus mestinya sama (dengan) Hanif, enggak usah diundang. Di grup juga teknis keberangkatan juga sudah didetailkan. Semua panitia tuan rumah," kata Imin di Hotel Westin, Bali, Selasa (20/8/2019).

Dia juga menampik adanya isu 'pengkondisian' muktamar yang menjadikannya kembali terpilih sebagai Ketua Umum PKB.

"Muktamar belum dimulai," dia mengakhiri.

Sementara itu dikonfirmasi secara terpisah, Lukman Edy mengamini dirinya tidak menghadiri muktamar PKB dengan alasan tidak ada undangan untuk hadir.

Menurutnya kondisi tersebut masih berkaitan adanya narasi mengenai pemilihan capres-cawapres 2019.

"Ya sepertinya yang dekat Mas Karding dicurigai, terus enggak diundang ke Bali. Kok sepertinya masih ada dendam pasca-pilpres," ujar Lukman saat dikonfirmasi melalui pesan singkat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebut Pihak Karding Tak Diundang

Ia menambahkan, tidak hanya Lukman dan Karding yang tidak diundang pada muktamar kali ini. Pihak-pihak yang dianggap dekat dengan Karding disebut turut absen muktamar karena tidak diundang.

"Beberapa di sekretariat DPP yang portofolio Mas Karding juga tidak diundang dan tidak dilibatkan," tandasnya.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar muktamar ke-4 di Nusa Dua, Bali. Muktamar direncanakan akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Berdasarkan susunan agenda, Presiden akan menyampaikan sambutan pembuka pada malam hari.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat PKB, Ahmad Iman mengatakan ada tiga ribu hingga enam ribu muktamirin yang hadir.

"Ibu Rini Soemarno dan Bapak Mahyudin konfirmasi hadir," ujar Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB, Ahmad Iman.

Pejabat negara yang juga dikabarkan hadir adalah Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Dalam Negeri, Yasonna Laoly sebagai Menteri Hukum dan HAM, Rini Soemarno sebagai Menteri BUMM, dan sejumlah menteri lainnya.

 

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.