Sukses

Top 3 News: Insiden Surabaya dan Malang Picu Kerusuhan Manokwari

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini mengungkap kondisi Kota Manokwari, Papua pascakerusuhan yang terjadi Senin pagi, 19 Agustus kemarin. Hingga Senin malam, situasi di Papua dan Papua Barat berangsung-angsur kondusif usai aksi unjuk rasa yang dilakukan sekelompok mahasiswa.

Belakangan muncul dugaan kerusuhan di Manokwari dan sejumlah titik di wilayah Papua dipicu oleh tindak kekerasan dan pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya pada 16 Agustus 2019.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa meminta maaf atas insiden mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, hingga berbuntut panjang dengan adanya kerusuhan di Jayapura, Papua dan Manokwari, Papua Barat.

Terkait dugaan adanya kalimat yang kurang pantas diucapkan terhadap mahasiswa Papua, menurut Khofifah itu sifatnya personal dan tidak mewakili suara masyarakat Jawa Timur.

Lantas, apa kabar dengan video syur 3 in 1 Vina Garut? Setelah tiga pelaku dalam video tersebut menjadi tersangka, polisi hingga kini masih mengejar satu pelaku lainnya. 

Sementara itu, dari ketiga pelaku yang diduga terlibat dalam video asusila tersebut, VN dan WW sudah ditahan. Sedangkan AK oleh sumber yang tak mau disebutkan namanya melaporkan pelaku mengalami stroke.

2 dari 5 halaman

1. Fakta-Fakta Kerusuhan di Manokwari

Seperti dikutip dari Antara, aksi di Manokwari ini ditengarai akibat kemarahan masyarakat Papua sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur serta Semarang Jawa Tengah beberapa hari lalu.

Sejumlah ruas jalan di Manokwari, terutama jalan Yos Sudarso yang merupakan jalan utama kota Manokwari diblokade massa yang mengakibatkan aktivitas masyarakat maupun arus lalu lintas lumpuh.

Tidak hanya memblokade jalan saja, menurut informasi yang dikutip dari Antara, dalam aksi tersebut warga juga menebang pohon dan membakar ban di jalan raya.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. TNI Sebut Aksi Manokwari dan Jayapura Buntut Peristiwa di Surabaya dan Malang

Kerusuhan di Manokwari dan unjukrasa di Jayapura menjadi rentetan aksi berantai di Papua. Hal itu menyusul insiden pengepungan asrama disertai kekerasan terhadap mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya beberapa waktu lalu.

"Efek Surabaya, Malang itu," Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Eko Daryanto saat dihubungi Liputan6.com, Senin (19/8/2019).

Menurut Eko, untuk di Jayapura sendiri tidak terjadi kerusuhan. Hanya saja, massa memblokir jalan utama menuju Bandara Sentani.

Sementara itu, Kombes Sandi Nugroho, Kapolrestabes Surabaya memaparkan kronologi mengenai pengepungan asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Surabaya, Jawa Timur. Pihaknya juga masih mencari kebenaran mengenai masalah yang dimulai dari media sosial ini.

 

Selengkapnya...

 

4 dari 5 halaman

3. 3 Hal Tentang Pemeran Video Syur Vina Garut, Sakit Keras hingga Tak Berdaya

Aparat kepolisian hingga saat ini masih terus melakukan penyelidikan terhadap kasus video syur 3 in 1 atau gangbang Vina Garut.

Dalam video tersebut memperlihatkan seorang wanita yang sedang melakukan adegan ranjang dengan beberapa orang lelaki. Video yang dikenal dengan Vina Garut itu pun disebarluaskan dan menjadi viral.

Dua dari tiga tersangka kini sudah ditahan. Namun, salah satu tersangka yakni AK tengah terbaring lemas di rumahnya Perum Al-Kautsar, Sirnajaya, Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat.

AK dikabarkan sedang sakit keras hingga tak bisa bangun. Apa sakit yang diderita AK hingga tidak berdaya?

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Fakta di Balik Cerita Langit Merah Muaro Jambi
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Penampakan Raja Ular yang Hangus Terbakar di Hutan Kalimantan