Sukses

Alasan Megawati dan Tugas untuk Tri Rismaharini

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melantik Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai Ketua DPP Bidang Kebudayaan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri melantik Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sebagai Ketua DPP Bidang Kebudayaan. Salah satu alasan Risma menjadi ketua DPP adalah karena prestasinya.

"Kita tahu sebagai wali kota, beliau sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, dua kali. Dan menurut saya perubahan di Surabaya itu luar biasa sekali," kata Megawati di kantor pusat partai, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Megawati bercerita, dulu Surabaya dikenal sebagai kota yang sangat panas. Namun Risma hadir dengan programnya membangun taman dan tempat bermain. Banyak program lainnya dari Risma yang diwujudkan. 

Akibatnya, lanjut Megawati, bila di kota-kota lain di Indonesia terjadi kenaikan suhu udara, di Surabaya terjadi sebaliknya. Penurunan derajat cuaca di Surabaya sejak kepemimpinan Risma adalah 2 derajat celcius.

"Ini luar biasa. Di tempat lain naik, justru di Surabaya turun 2 derajat. Kita bisa rasakan di Surabaya kini, biar panas tetapi panasnya tak membuat gerah. Itu akibat banyaknya taman dan kerindangan. Itu salah satu yang berhasil beliau lakukan," ujar Megawati.

Megawati melanjutkan, dia sebenarnya ingin Risma seterusnya bisa menjadi wali kota di Surabaya. Namun, aturan hanya membolehkan dua periode jabatan saja.

"Maka saya segera tarik (Risma) ke DPP untuk membantu PDI Perjuangan di bidang kebudayaan. Nanti tugas beliau akan banyak keliling Indonesia. untuk antara lain mengompilasi kearifan lokal kita," pungkas Megawati.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelantikan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini resmi dilantik sebagai Ketua DPP bidang Kebudayaan PDIP. Pelantikan langsung dilakukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Atas perintah kongres, sebagai ketua umum terpilih, saya harus bentuk DPP partai. Yang kalau saudara-saudara lihat di kongres, saya sudah lantik, kecuali pada waktu itu Bu Risma belum hadir. Maka dalam rapat pertama (DPP PDIP), beliau akan saya lantik dengan ucapkan janji jabatan. Setelah itu artinya sah untuk masuk sebagai bagian DPP PDIP dalam bidang kebudayaan," kata Megawati di kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (19/8/2019).

Presiden kelima RI ini kemudian membacakan janji jabatan, yang kemudian diikuti oleh Risma.

"Yang saya hormati dan cintai, Ibu Tri Rismaharini, yang pada kongres PDI Perjuangan kelima telah ditetapkan sebagai seorang DPP partai bidang kebudayaan," kata Megawati mengawali janji jabatan.

Megawati juga menanyakan kesediaan Risma untuk dilantik, dan diikuti mengucapkan janji jabatan.

Selanjutnya Risma mengucapkan janji jabatan yang dipandu Megawati. Setelahnya, dia menandatangani janji tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.